PWI Kotabaru Gelar UKW Angkatan Pertama, UKW Lahirkan Wartawan Profesional Dan Bermoral

Daerah178 views

KOTABARU,kabarOne.com- 9 orang watawan di Kotabaru ikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh PWI Kabupaten Kotabaru bekerjasama dengan PWI Provinsi Kalimantan Selatan.

Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) digelar di Operation Room Setda Kotabaru selama dua hari dari tanggal 27-28 Desember 2023.

Pelaksanaan Uji Kompetensi Wartawan ini merupakan angkatan pertama PWI Kotabaru dan angkatan XXI PWI Provinsi Kalimantan Selatan.

Hadir sebagai penguji nasional, Toto Fachrudin dan Zainal Helmie yang melakukan Uji Kompetensi Wartawan jenjang muda.

Ketua PWI Kalsel, Zainal Helmie memberikan apresiasi kepada pengurus PWI Kotabaru yang berhasil menggelar UKW pertama di Kabupaten Kotabaru.

” Lanjut Helmie, Uji Kompetensi Wartawan (UKW) bukan hanya akan memberikan dampak kepada para jurnalis yang mengikutinya, namun juga akan memberikan dampak positif bagi pembangunan suatu daerah,” jelasnya, Rabu (27/12/2023).

Selain itu, Ia juga memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Kotabaru dan para mitra kerja yang telah memberikan dukungan terhadap pelaksanaan kegiatan ini.

Sementara Bupati Kotabaru, H Sayed Jafar dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah, Drs. H Said Akhmad menyampaikan, wartawan punya andil besar untuk membangun daerah, untuk itu ungkapnya, uji kompetensi ini merupakan momen penting bagi wartawan untuk menunjukkan keahlian dan kemampuan dalam dunia jurnalistik yang semakin kompleks dan serba cepat.

Kata Sekda, Uji kompetensi wartawan bukan hanya sekedar proses evaluasi, tetapi juga merupakan pijakan fundamental dalam membangun jurnalisme yang berintegritas dan bermartabat.

Melalui Uji Kompetensi Wartawan ini, ia berharap dapat merangkul masa depan yang lebih cerah bagi profesi jurnalistik, khususnya di Kabupaten Kotabaru

” Saya berharap melalui kegiatan ini dapat menambah wawasan dan kompetensi jurnalis, membentuk wartawan idealis, mampu memberikan berita bermutu dan berkualitas, sehingga fungsi serta peran pers dapat dirasakan oleh publik,” harapnya.

Ia pun berpesan kepada para peserta agar dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik dan bersungguh-sungguh. Karena momen ini dapat mengukur pengetahuan, sikap, perilaku dan keterampilan wartawan.

“Semoga dengan uji kompetensi wartawan ini dapat membentuk pondasi yang kuat jurnalisme yang lebih profesional, akurat dan bertanggung jawab,” harap Sekda.

Ditempat yang sama Ketua PWI Kotabaru Akhmad Nurahsin menyebut, UKW merupakan kebutuhan bagi wartawan, pasalnya kegiatan ini akan melahirkan wartawan yang profesional dan bermoral. Selain itu, UKW telah menjadi keharusan sebagaimana edaran yang dikeluarkan oleh Dewan Pers.

” Saya atas nama pengurus dan anggota PWI Kotabaru mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang sudah mendukung dan mensupport penyelenggaraan UKW yang pertama kalinya diselenggarakan di Kabupaten Kotabaru,” ucapnya singkat.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *