Posbakumadin Kader Mahasiswa IAIN Jadi Advokat SHi

Daerah, Regional977 views

Kabarone.com, Cirebon – Posbantuan Hukum Advokat Indonesia (Posbakumadin) Kota Cirebon dalam binaan Agus Prayoga, SH tidak diragukan lagi dapat melahirkan advokat-advokat sejati yang kelak menjalankan tugasnya berpegang teguh berdasarkan hati nurani untuk menegakan kebenaran.

Siapa tak kenal dengan sepak terjang  Agus Prayoga, SH, dia salah seorang advokat kondang yang selalu menjunjung tinggi nilai-nilai keadilan dalam membela klienya, maka dia tak lagi melihat materi semata, tetapi akan membela klienya berdasarkan fakta-fakta hukum.

Siapa saja yang datang meminta bantuan hukum, maka akan diterima serta dilayani sebagaimana mestinya, kata Pembina Posbakumadin Kota Cirebon. Agus Prayoga, SH seusai mendampingi perkara Tarsadi di Pengadilan Negeri Sumber kemarin.

Menurut Agus Prayoga yang disapa Ayo, kali ini Posbakumadin mendapat kepercayaan dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Syekh Nurjati Kota Cirebon untuk tempat praktek mahasiswanya.

Mahasiswa IAIN Syekh Nurjati langsung dibawa ke tempat kuliah kerja nyata (KKN) ke lembaga hukum seperti pengadilan, kejaksaan & kepolisan. “Bukan hanya pengetahuan surat menyurat, ” terang Ayo.

Dengan menyaksikan langsung peristiwa hukum yang terjadi sejak dalam pemeriksaan di kepolisian hingga berkas perkaranya dilimpahkan ke kejaksaan sampai kasusnya digelar di pengadilan negeri, ungkapnya.

Sehingga mahasiswa yang mengambil jurusan hukum, maka kelak setelah lulus kuliah akan menjadi advokat sesuai dengan disiplin ilmu yang telah dipelajari selama di bangku kuliah,  paparnya.

Setelah para  mahasiswa IAIN dibekali pengalaman selama  belajar di Posbakumadin, maka diharapkan menjadi sajana hukum Islam yang benar-benar handal hingga ilmu dapat membantu masyarakat yang membutuhkan. tegasnya.

Pihaknya berupaya membantu mahasiswa untuk menjadi advokat yang berkualitas . Bahkan dari pengalaman itu diantara mahasiswa yang KKN, saat ini ada dua mahasiswa PKL menjadi advokat dan diharapkan dapat melahirkan sarjana hukum Islam yang terbaik, tandasnya.

Bilamana para mahasiswa itu sudah lulus kuliah, jika kelak praktek jadi advokat, maka sedikitnya mendapat banyak pengetahuan mengenai dunia advokatm “Kepercayaan yang diberikan IAIN kepada  Posbakumadin  menjadi kebanggaan tersendiri dan kerjasama ini dapat terjalin selamanya,” pungkasnya. (Mulbae)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *