Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Lamongan Akan Dilantik Gubernur Jatim

Daerah, Regional2,599 views

Kabarone.com, Lamongan – Bupati dan Wakil Bupati Lamongan terpilih hasil Pemilukada 9 Desember 2015 lalu dipastikan akan dilantik oleh Gubernur Jawa Timur Soekarwo di Gedung Negara Grahadi Surabaya pada 17 Pebruari 2016 mendatang. Hal itu sebagaimana disampaikan oleh Kabag Humas dan Infokom Pemkab Lamongan Sugeng Widodo.

Sugeng mengatakan, kepastian jadwal pelantikan itu sebagaimana tercantum dalam pedoman penjelasan yang dikeluarkan Biro Humas dan Protokol Propinsi Jawa Timur.

Sugeng menambahkan, pelantikan kepala daerah periode 2016-2021 itu nantinya akan dilaksanakan dalam dua tahap. Karena selain Lamongan, ada 17 Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota terpilih yang akan dilantik.

“Dalam pedoman tersebut, selain Lamongan, juga akan dilantik Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo, Banyuwangi, Situbondo, Jember, Sumenep, Gresik, Mojokerto dan Trenggalek. Kemudian juga akan dilantik Bupati dan Wakil Bupati Kediri, Blitar, Malang, Ngawi, Ponorogo, serta Walikota dan Wakil Walikota Surabaya, Pasuruan dan Blitar,” paparnya.

Menurut Sugeng, kegiatan pengangkatan sumpah jabatan dan pelantikan tersebut sepenuhnya dilaksanakan oleh Pemprov Jawa Timur. Daftar undangan yang bisa hadir juga dibatasi yakni hanya sebanyak 24 orang.

“Termasuk membatasi hanya masing-masing tiga orang dari keluarga bupati dan wakil bupati terpilih yang bisa memasuki lokasi pelantikan,” imbuhnya.

Selain pengangkatan sumpah jabatan dan pelantikan kepala daerah, di tempat yang sama juga akan dialaksanakan pelantikan dan serah terima jabatan 17 Ketua TPPKK, Ketua Dewan Kerajinana Nasional Daerah (Dekranasda) oleh Ketua TPPKK dan Ketua Dekranasda Jawa Timur, Nina Soekarwo.

Seperti diketahui, KPU Lamongan telah mengeluarkan keputusan yang menyebutkan bahwa pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lamongan tahun 2015 nomor urut 2, H. Fadeli dan Hj Kartika Hidayati, mendapatkan perolehan suara sebanyak 448.833 suara atau 71,14 persen dari suara sah.

Berdasarkan perolehan suara tersebut, KPU Lamongan menetapkan pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Lamongan H Fadeli dan Hj Kartika Hidayati, sebagai Bupati dan Wakil Bupati Lamongan terpilih hasil pemilihan tahun 2015. (Ipl)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *