by

Kabupaten Nias Utara Menjadi Tuan Rumah Pada Pembukaan PRSU Ke-45

Kabarone.com, Nias Utara –  Pembukaan Pekan Raya Sumatera Utara (PRSU) ke-45 Tahun 2016 yang dilaksanakan di Jln. Gatot Subroto Medan Sumatera Utara, Jum’at. Pembukaan PRSU itu dihadiri Plt. Gubsu, Anggota DPR/DPD RI, Anggota DPRD Sumatera Utara, Wakapoldasu, Ketua Menteri Kota Penang, Bupati/Walikota se-Sumatera Utara, Ketua Yayasa PRSU, Ketua TP.PKK Prov Sumut, Ketua dan anggota DPRD Nias Utara, Ketua TP.PKK Nias Utara dan seluruh undangan.

Kabupaten Nias Utara membawakan beberapa atraksi tarian dan budaya yang ditampilkan pada pembukaan Pekan Raya Sumatera Utara diantaranya, Famazawa Mbosi Hada, Tarian Ya’ahowu, Tarian Sekapur Sirih, Tari Hiwo, Tari Famadogo Omo, Lompat batu Kepulauan Nias, dan Maena Massal.

Ketua yayasan Pekan Raya Sumatera Utara Drs. H. Nuzirwan B. Lubis melaporkan Pekan Raya Sumatera Utara merupakan event tahun terbesar di Sumatera Utara yang momennya dikaitkan dengan hari jadinya Provinsi Sumatera Utara ke-68 pada 15 April 2016 yang akan datang. Dan diatara 33 Kabupaten/Kota dan Kabupaten Nias Utara mendapat kehormatan terbesar menjadi tuan rumah pada acara pembukaan PRSU ke-45 tahun 2016 ini.

Berdasarkan instruksi dari Plt.Gubsu pada penyelenggaraan PRSU tahun ini agar pelaksanaan bisa semaksimal dan menonjolkan potensi dan  kekayaan budaya dari masing-masing daerah, sehingga pelaksanaan PRSU menjadi deskripsi miniatur Sumatera Utara, hendaknya event PRSU bisa dijadikan momentum bagi Pemkab dan seluruh peserta sebagai bahan informasi dan promosi potensi daerah dalam rangka memasuki era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) dimana persaingan produk program dan SDM sudah semakin berkompetisi, maka PRSU ke-45 tahun 2016 ini mengambil Tema Tingkatkan Peran PRSU Mendukung Daerah Dalam Menghadapi Era Masyarakat Ekonomi Asean(MEA).

Berkaitan dengan hal itu Yayasan PRSU mencoba membuat sebuah program kompetisi non Sumatera indovision a words dengan penghargaan tertinggi piala Plt Gubsu, kompetisi ini tidak hanya diikuti oleh pemerintah Kabupaten/Kota tetapi terbuka untuk umum khusus masyarakat sumut baik tingkat perguruan tinggi maupun SMK.

Disamping itu juga mendatangkan artis dan group band ibukota antara lain Sheila on seven, Naif,  d’Masiv, power slave, drive, shaggy dog dan melinda. Kami berterimaksih dan menyampaikan penghargaan kepada Bupati Nias Utara/Pemerintah Kabupaten Nias Utara beserta jajarannya sebagai Tuan rumah pada pembukaan PRUS ke-45 tahun 2016 ini, dan juga berterimakasih kepada seluruh Bupati/Walikota sebagai peserta PRSU dan stakeholder , Pengusaha, BUMN/D, peserta swasta dan UKM yang telah mengambil bagian pada PRSU ke-45 ini semoga kemitraan ini dapat dipertahankan dan ditingkatakan pada tahun yang akan datang.

Bupati Nias Utara Drs. Edward Zega, B.Sc, MM mengungkapkna, melalui Pekan Raya Sumatera Utara kami mengajak untuk bisa menyaksikan lebih dekat akan potensi Sumber Daya Alam maupun dari sisi sosial, seni, dan budaya Kabupaten Nias Utara. Pekan Raya Sumatera Utara sebagai media promosi, informasi pembangunan, edukasi dan rekreasi dan juga sebagai ajang menggali potensi ekonomi masing-masing daerah maka melalui kegiatan ini produk unggulan daerah Kabupaten/Kota maupun hasil produk industri kecil UMKM dan koperasi maupun Produk-produk kreaktif akan bisa kita lihat dan saksikan selama pekan raya berlangsung dan bahkan tidak tertutup kemungkinan akan terjadi transaksi antar pelaku ekonomi termasuk kepulauan Nias.

“Dalam kesempatan yang berbahagia ini kami informasikan kepada Plt. Gubsu bahwa produk unggulan Kabupaten Nias Utara mampu bersaing dengan produk daerah lain seperti pariwisata, komoditi perikanan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan itu, Bupati Nias Utara Drs. Edward zega, B.Sc, MM menyampaikan rasa terimakasih dan kebanggaan kepada Bapak Plt. Gubernur Sumatera Utara serta Yayasan Pekan Raya Sumatera Utara atas kepercayaan yang diberikan kepada Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Nias Utara  menjadi tuan rumah pada pembukaan pelaksanaan Pekan Raya Sumatera Utara ke 45 Tahun 2016.

Pada akhir sambutan Edward Zega menyampaikan pantun, “Dari Nias Utara ke kota Medan singgah sejenak di kualanamu, selamat datang para hadirin di pembukaan pekan raya sumatera utara. Dan lipat melipat sidaun sirih pohon kelapa jangan dilupakan, kalau ada salah dan silaf mohon kami dimaafkan,”.

Plt. Gubernur Sumatera Utara Ir. H. Tengku Erry Nuradi, M.Si pada arahannya menyampaikan Pekan Raya Sumatera Utara ke-45 tahun 2016 merupakan agenda tetap Provinsi Sumatera Utara dalam rangka memperingati hari jadinya Provinsi Sumatera Utara ke-68 pada 15 April 2016 nanti.

“Atas nama Provinsi Sumatera Utara saya menyampaikan selamat datang dan kepada seluruh tamu-tamu kami yang hadir baik itu yang berasal dari kota Medan berasal dari Sumatera Utara maupun dari Luar Luar Negeri. Juga berterimaksih kepada BUMN/BUMD, perusahaan swasta dan pengiat Ekonomi dan seni budaya yang telah berperan aktif  dalam  menyemarakkan Pekan Raya Sumatera Utara ke-45 tahun 2016 ini, secara khusus Kepada Pemerintah Kabupaten Nias Utara yang tahun ini menjadi tuan rumah pada acara pembukaan PRSU ke 45 ini, kesediaan menjadi tuan rumah secara bergantian bergiliran diantara 33 Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi ini telah diapresiasi Pemerintah daerah dan masyarakat dan hari ini Nias Utara menjadi tuan rumah pada pembukaan PRSU ini,” ungkapnya.

Partisipasi dan kreasi, lanjutnya, yang disumbangkan Pemerintahan dan masyarakat Nias Utara pada penyelenggaraan PRSU ke 45 ini mudah-mudahan akan membawa nuansa semangat baru PRSU pada tahun ini. Kita bersyukur dan bangga Provinsi Sumatera Utara memiliki arena PRSU yang dapat mewadahi kreasi aneka seni budaya dan potensi daerah masing-masing serta berbagai unggulan-unggulan kerajinan dan berbagai keunggulan lokal lainnya.

“Berharap para Bupati dan Walikota kita manfaatkan areal PRSU ini menjadi tempat promosi kita sepanjang tahun, tidak hanya dibuka sekali setahun saja tetapi jadikanlah stand dan pavilium yang ada. Pada tahun ini berbeda dengan PRSU tahun yang lalu, saya mengajak kita bersama untuk membangun Sumatera Utara yang kita cintai dan kita banggakan ini, saya mengajak Bupati/Walikota yang berdiri diatas panggung bersama-sama untuk memberikan yang terbaik untuk masyarakat didaerah kita masing-masing. Embun menetes ditelan dahan kelopaknya layu buah delima selamat dan sukses penyelenggaraan PRSU ke-45. Nias dikenal dengan lompat batu dan wisata Sumatera Utara, selamat dan sukses untuk PRSU semoga Sumut makin paten dan makin berjaya,” pungkasnya.(@Fr.Lature)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *