Bupati dan Wakil Bupati Bulungan Hadiri Syukuran Panen Raya di 3 Desa

Daerah, Regional657 views

Kabarone.com, Bulungan – Bupati dan Wakil Bupati Bulungan menghadiri syukuran panen di Desa Long Lejuh dan Desa Long Peso di Kecamatan Peso serta di Desa Sajau, Kecamatan Tanjung Palas Timur selama dua hari berturut-turut yaitu pada Jum’at dan Sabtu, 29-30 April 2016.

Cuaca sejuk sehabis hujan menambah khidmatnya syukuran yang diisi kegiatan tarian tradisional suku Dayak dalam penyambutan tamu, tari gerak sama, tari yang menggambarkan situasi panen hingga doa bersama. Panitia syukuran turut membagikan lemang atau nasi bakar yang dimasak di dalam bambu.

“Melalui syukuran panen ini kita berharap kebutuhan pangan masyarakat khususnya di desa-desa dapat tercukupi. Apapun hasil panen harus selalu disyukuri karena Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa berjanji, barang siapa yang bersyukur pada nikmat-Nya maka akan ditambah lagi nikmat tersebut berkali-kali lipat,” ucap Bupati Bulungan, H Sudjati saat menghadiri syukuran selesai panen di BPU Desa Long Peso, Sabtu (30/4).

Dalam kesempatan itu, Bupati berpesan, agar melalui perayaan panen ini dapat menambah rasa kebersamaan dan gotong royong masyarakat. Syukuran selesai panen masyarakat menjadi kunjungan kerja pertama Bupati Bulungan ke Desa Long Peso sejak dilantik pada 17 Februari 2016. Bupati pun berharap, setelah Pilkada bulan Desember tahun lalu, masyarakat Bulungan dapat bersatu kembali.

“Kami siap membangun Bulungan dengan tidak memandang suku, agama dan ras,” tegasnya.

Desa Long Peso yang menjadi bagian dari Kecamatan Peso merupakan salah satu daerah paling pinggir yang berbatasan dengan Kabupaten Malinau. Bupati menegaskan kembali komitmen selama masa kampanye yaitu membangun dari pinggiran mulai dari tingkat desa. Prioritas utama pembangunan selama 5 tahun ke depan berupa infrastruktur dasar seperti jalan yang menghubungkan daerah pinggiran, air bersih dan listrik.

“Namun mohon maaf untuk tahun ini APBD Bulungan sudah disahkan dan cukup drastis turunnya. Tahun-tahun ke depan kami akan berusaha semoga Long Peso bisa berubah termasuk desa-desa yang lain di Bulungan,” tukasnya.

Dalam kesempatan itu, Kepala Desa Long Peso, Kuwing Ding mengungkapkan beberapa usulan pembangunan desa untuk masyarakat di antaranya pengaspalan jalan desa yang sudah banyak berlubang, sarana air bersih, kendaraan ambulan, mobil pemadam kebakaran hingga pembangunan kembali kantor desa yang habis terbakar.

“Sebelumnya terjadi 4 kali peristiwa kebakaran sehingga keberadaan mobil pemadam kebakaran ini kami pandang prioritas. Begitu pula mobil ambulan di puskesmas yang saat ini dalam kondisi rusak,” ungkapnya.

Sementara, Wakil Bupati Bulungan, Ingkong Ala di hari yang sama menghadiri syukuran panen di Desa Sajau, Kecamatan Tanjung Palas Timur setelah sehari sebelumnya menghadiri kegiatan serupa di Desa Long Lejuh, Kecamatan Peso.

“Saya berharap melalui syukuran panen ini masyarakat tetap semangat bertani, berkebun agar panen berikutnya dapat meningkat lebih baik lagi,” ucap Wabup.

Syukuran panen semakin meriah karena panitia turut membagikan lemang dan beras kepada para undangan serta masyarakat yang hadir. Wabup pun berharap, melalui syukuran panen dapat meningkatkan kekompakan serta kebersamaan masyarakat.(Mudi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *