Peringatan Harkitnas 2016, Bupati Nias Utara : NKRI Harga Mati

Daerah, Regional719 views

Kabarone.com, Nias Utara – Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) menjadi momentum Perjuangan seluruh Rakyat di Kepulauan Nusantara, yang merupakaan kelahiran Organisasi Boedi Utomo pada tahun 1908, bertepatan tanggal 20 Mei 1908 yang menjadi perjalanan bangsa Indonesia yang selalu dikenang sepanjang masa.

Pemerintah Kabupaten Nias Utara mengambil bagian untuk memperingati Hari
Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang ke-108 tingkat Kabupaten Nias Utara Tahun 2016 yang
dilaksanakan dihalaman Kantor Bupati Nias Utara, Jumat (20/05).

Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional ke-108 Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara,
A.Md bertindak sebagai Inspektur upacara dan Komando Upacara Danramil Tuhemberua Lettu Inf. Yustinus Waruwu dan dilaksanakan Pengibaran Bendera Merah Putih serta Pembacaan Pembukaan Undang-Undang Dasar Tahun 1945, Pengucapan Sapta Marga, Tri Brata dan Panca Prasetya Korpri.

Bupati Nias Utara membacakan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, dan sebut bahwa NKRI harga Mati dan tidak ada tawar- menawar.

“Peringatan Hari Kebangkitan Nasional yang kita peringati hari ini menyatakan sejak diproklamirkan kemerdekaan kita bangsa Indonesia telah berjanji dan berketepatan hati bahwa Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) adalah harga mati yang tidak dapat ditawar-tawar lagi dalam kondisi apapun,” Seru M. Ingati Nazara selaku Inspektur Upacara.

Sebutnya lagi Bapak Proklamotor Ir. Soekarno telah mengamanahkan, bahwa Negara Indonesia di bangun dengan dasar- dasar yang jelas.

“ Dimana proklamator dan Presiden pertama Republik Indonesia, Ir. Soekarno menekankan pentingnya membangun suatu negara, membangun ekonomi, membangun teknik, membangun pertahanan, adalah tahap utamanya, membangun jiwa bangsa sehingga menghasilkan Sumber Daya Manusia yang Kreatif, Inovatif, Berdedikasi tinggi, disiplin, Bekerja Keras, dan taat pada aturan sehingga terwujud masyarakat yang tertib dan terbuka sebagai modal sosial yang positif,” tegasnya.

Lebih lanjut dia sampaikan, “semoga peringatan Hari Kebangkitan Nasional ini juga memperbaharui semangat trisakti yakni berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan berkepribadian dalam kebudayaan. Jika kita konsisten, saya yakin jalan kemandirian ini insya Allah akan membawa bangsa ini mengalami kebangkitan yang berkelanjutan menjadi bangsa yang lebih jaya dan kompetitif dalam kancah internasional,” tambahnya.

Tema peringatan Hari Kebangkitan Nasional tahun ini yaitu “ Mengukir makna kebangkitan nasional dengan mewujudkan Indonesia yang bekerja nyata, mandiri dan berkarakter ”. Yang artinya kita menunjukkan bahwa apapun tantangan yang kita hadapi saat ini harus kita jawab dengan mengfokuskan diri pada kerja nyata secara mandiri dan berkarakter.

Pada akhir sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia yang dibacakan Bupati Nias Utara M. Ingati Nazara, A.Md semoga dalam memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-108 tahun 2016 ini, kinerja kita semakin baik dan semakin dirasakan manfaatnya bagi masyarakat, dengan penuh harapan kiranya kita semua senantiasa diberikan kemampuan untuk mempertahankan NKRI sampai kapan pun, demi kejayaan bangsa Indonesia.
Selamat Hari Kebangkitan Nasional ke-108, Indonesia tetap jaya…!!!

Pantauan Kabarone di Lapangan, Upacara Hari Kebangkitan Nasional turut dihadiri Staf Ahli Bupati Nias Utara, Asisten Sekda, Kepala SKPD, Camat Lotu, TNI, Polri, Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Nias Utara, Non Pegawai Negeri Sipil Kabupaten Nias Utara dan utusan sekolah SMAN 1 Lotu, SMKN 1 Lotu dan SMPN 1 Lotu. (Fr. Lature)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *