Pembangunan Jalan Lingkar Luar Bulungan Terus Diproses

Daerah, Regional1,063 views

Kabarone.com, Bulungan – Pembangunan jalan lingkar luar (outer ring road) Bulungan dengan total panjang 100 kilometer yang menelan dana APBD Kaltara 2016 sekitar Rp 3 – 5 miliar terus berproses.

“Ring road pertama pengerjaan secara fisik dimulai di Gunung Seriang, kisaran 500 hingga 1 kilometer,” sebut Sujadi, Kepala Bidang Bina Marga, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Provinsi Kaltara, Rabu.

Menurutnya pengerjaan yang menggunakan ABPD 2016 ini masih dikerjakan satu paket. Sehingga untuk mengakomodir pada segmen berikutnya dari Gunung Seriang menuju Km 18 akan dianggarkan kembali melalui APBD perubahan.

“Yang sudah dimulai dari Seriang naik ke atas menuju Kilo 18, tapi belum sampai ke Kilo 18-nya,” jelasnya.

Selain itu, Sujadi menyebutkan, untuk jalan lingkar yang ada di Bulungan ini nantinya akan terkoneksi jalan mengarah ke Berau. Kawasan jalur ring road tersebut mulai dari Kilometer 18-Baratan (Tanjung Selor), Desa Baratan-Tanjung Buka-Antutan- (Tanjung Palas Tengah), Tanjung Buyu, Selimau dan Kilometer 9.

“Di sisi lainnya juga sebagai penghubung jalan lingkar itu membutuhkan jembatan, di antaranya Selimau-Tanjung Buyu, Tanjung Buka, Tanjung Selor dan Tanjung Palas,” ungkapnya.

Selain Kabupaten Bulungan, Sujadi menyebutkan, pembangunan jalan lingkar sedang dikerjakan di beberapa kabupaten/kota seperti di Nunukan yang sudah dimulai, yakni dari depan Islamic Center juga bagian dari outer ring road dan sudah rigid.

“Begitu juga Tarakan sudah kita mulai dari tahun kemarin dan tahun ini,” sebutnya.

Sedangkan yang masih dalam tahap perencanaan yaitu di Kabupaten Malinau, Pulau Bunyu dan Pulau Sebatik yang rencananya diakomodir pada anggaran APBN dan APBD. “Kalau Kabupaten Tana Tidung tidak ada usulan untuk tahun 2017. Sedangkan skema untuk Tarakan ini kan melalui APBD kota, provinsi dan APBN,” ujarnya. (Mudi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *