Pemkab, Beserta Polsek Purwosari Berikan Pelatihan Pemberdayaan Satlimas

Daerah, Regional821 views

Kabarone.com, Bojonegoro – Untuk meningkatkan pengetahuan dan wawasan Anggota Linmas atau biasa warga Desa menyebutnya Hansip Pemerintah Kabupaten Bojonegoro juga Aparat Kepolisian dalam hal ini diwakili Kapolsek Purwosari yang Kebetulan bertempat di Pendopo Kecamatan Purwosari, pada Senin (10/10) siang tadi mulai pukul 08.30 wib telah dilaksanakan kegiatan Pelatihan dan Pemberdayaan Satuan Perlindungan Masyarakat  (Satlinmas) se-Kecamatan Purwosari.

Kegiatan itu dihadiri oleh Muspika Purwosari, juga para Narasumber diantaranya Kepala Bakesbangpollinmas Kabupaten Bojonegoro yang diwakili oleh Benny Subianto, Kapolsek Purwosari AKP Soesilo TP, Danramil Purwosari Kapten Ifantri Musriyono,

Kegiatan pelatihan dan pemberdayaan Satlinmas Desa dikuti oleh seluruh Desa se-Kecamatan Purwosari, dengan perwakilan masing-masing Desa mengirimkan sebanyak 5 Orang, jumlah keseluruhan yang hadir sebanyak 60 orang. Acara pembukanan pelatihan di buka oleh Plt. Camat Purwosari Moch Chosim, SH, yang kemudian dilanjutkan materi pelatihan.

Kapolsek Purwosari AKP Soesilo Kepada Kabarone.com Mengatakan Tentang apa itu Sat Linmas dan apa tugas – tugasnya. Kapolsek Purwosari menjelaskan, sesuai dengan peraturan menteri dalam negeri, Satlinmas adalah warga masyarakat yang disiapkan dan dibekali pengetahuan serta keterampilan untuk melaksanakan kegiatan penanganan bencana, untuk mengurangi dan memperkecil akibat bencana, serta ikut memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta kegiatan sosial kemasyarakatan.

“Dalam hal membantu memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat maka satlinmas menjadi pendukung utama atau bisa dikatakan garda terdepan kepolisian, setiap ada keramaian maka linmas harus ada disitu,” ucap AKP Susilo

Selain itu, AKP Susilo menjelaskan beberapa fungsi linmas diantaranya membantu membina masyarakat untuk sadar hukum, membantu pemerintah daerah, membantu Kepolisian dalam harkamtibmas, dan membantu TNI dalam upaya pertahanan Negara. Pada kesempatan itu Kapolsek juga mensosialisasikan aplikasi CAS untuk menunjang kecepatan laporan dari warga masyarakat.

Pelaksanaan kegiatan Pelatihan dan Pemberdayaan Satuan Perlindungan Masyarakat selesai hingga pukul 11.30 Wib berjalan tertib dan aman. Semoga dengan adanya Pelatihan Ini Ini Satlimas Bertambah ilmunya dan jug Wawasanya (DAN)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *