Wisata669 views

Kabarone.com , Bojonegoro – Pemkab Bojonegoro terus berbenah dan selalu mengangkat potensi pariwisata lokal yang dimiliki dengan mengangkat adat istiadat dan kearifan lokal. Salah satunya adalah pelestarian Rumah Adat Desa Malo yang berlokasi di komplek makam leluhur Mbah Demi Dukuh Sugih Desa Malo di RT 003 RW 002 Desa/Kecamatan Malo pada Kamis (27/10/2016) malam.

Saat meresmikan rumah adat tersebut, Wakil Bupati Bojonegoro Setyo Hartono dalam sambutanya mengatakan bahwa dengan adanya rumah adat ini diharapkan Potensi Wisata di Malo pada umumya dan Bojonegoro khususnya dapat mengangkat ekonomi warga disekitar, juga dapat meningkatkan PAD Desa. Hal ini tentunya harus dibarengi dengan kerja keras .

Guna mengamankan jalannya acara hingga selesai dengan berjalan aman dan lancar, Polsek Malo menerjunkan anggota jaga Polsek Malo di lokasi pelaksanaan acara hingga selesai serta menempatkan anggota di persimpangan jalan dan titik rawan kemacetan untuk membantu kelancaran arus lalu lintas.

Dalam peresmian rumah adat ini dihadiri oleh tamu VIP dari pejabat Pemda, maka Polsek Malo melakukan pengamanan jalannya acara hingga selesai agar berjalan aman dan lancar”, terang Kapolsek Malo AKP Hufron Nur Rochim, SH. saat menghadiri acara.

Peresmian Rumah Adat Desa Malo ini disaksikan oleh Direktur Balai Pelestarian Nilai Budaya dan Adat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dra Fistriani MHum dari Yogyakarta. Tampak hadir pula Ketua DPRD Kabupaten Bojonegoro Mitroatin, anggota DPR RI Komisi VIII Kuswiyanto, Muspida Kabupaten Bojonegoro, Muspika Kecamatan Malo, perangkat dan masyarakat Desa Malo, serta tamu undangan sebanyak 500 orang.

Dalam acara tersebut juga ada prosesi Kirab Gunungan berisi hasil bumi dari Desa Malo. Gunungan tersebut diarak dari Rumah Adat Desa Malo menuju lapangan Desa Malo. Yang berbeda dan unik, dalam mengarak gunungan ini diiringi oleh musik tanjidor Desa Malo.

Acara Peresmian selesai pukul 21.00 WIB. Dilanjutkan dengan pagelaran wayang kulit dengan dalang Ki Bayu Suyanto dari Kecamatan Parengan Kabupaten Tuban ( Dan )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *