by

Puncak Ritual Penutupan Suro Alas Purwo Jawa Timur Seni Budaya

-Wisata-592 views

BANYUWANGI ,Kabar One com – kali ini mengadakan perjalanan ritual puncak penutupan suro di Alas Purwo Banyuwangi, dengan diikuti oleh berbagai paguyuban penggiat kebudayaan se-Nusantara.adapun komunitas dan asal daerah yang turut hadi yakni, Papua,maluku,Flores, Lamongan,Gresik, Mojokerto. Probolinggo,Dan Surabaya.
1.Laksus GajahMada Jatim
2.TanDava
3.Eyang Macan Putih mojokerto
4.Mocopat jowo sby dan Gresik
5.Cakra Bumi Lamongan
6.MacanPutih Lamongan
7.Tosan aji Nusantara Lamongan
8.Suryo sejati Mojokerto
9.Tlasih 87
Para wakil dari mereka
10.Manguni menado
11. Flores bersatu
12.Papua wamena

Rombongan N1R memulai perjalanan pada hari Jum’at, 26 Agustus 2022, pukul 22:00 wib, diperkirakan tiba dilokasi padepokan merah putih hari Sabtu, 27 Agustus 2022, pukul 06:00 wib.

Dalam rangkaian perjalanan ritual, N1R beristirahat di tempat PBP (Paguyupan Budaya Probolinggo), kedatangan N1R disambut dengan hangat oleh Burhan selaku sesepuh PBP.

“Alhamdulilah kami kedatangan rombongan saudara para penggiat kebudayaan Nusantara dari N1R Surabaya, ini merupakan kehormatan besar bagi kami, semoga kebudayaan Nusantara semakin terjaga,” tutur Burhan.

Sebelum menuju lokasi Alas Purwo, rombongan N1R beristirahat di Padepokan Merah Putih yang lokasinya tidak jauh dari lokasi.

Joglo Merah Putih, terletak di Desa Purwoasri, Kampung Sebelas, Kecamatan Tegal Delima, Kota Banyuwangi. Dengan pembinaan Wiranoto, Joglo ini memang sengaja diperuntukkan untuk istirahat sementara para pengunjung pelaku ritual yang akan masuk ke Alas Purwo.

“Kami membangun Joglo Merah Putih ini hanya untuk tempat singgah sementara, bagi saudara kita sebelum melakukan perjalanan Ritual ke Alas Purwo,” jelas Wiranoto.

Kang Iwan selaku ketua rombongan kali ini melakukan persiapan yang sangat matang, mulai dari armada bus yang digunakan, kesehatan, konsumsi dan penginapan anggota.

“Perjalanan ritual kali ini diikuti oleh 50 orang dari berbagai kalangan penggiat kebudayaan, perwakilan saudara kami dari Papua, Maluku, Flores, Lamongan, Gresik, Mojokerto, Sidoarjo, Probolinggo dan Surabaya,” tutur Iwan.

Puncak acara ritual di Alas Purwo Sabtu, 27/08/2022 pukul 21:00 wib dengan pagelaran Wayang Kulit semalam tuntuk sampai pagi.(****nir).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *