AKP Muh. Guntur Kapolsek Sawa : Utamakan Pendekatan Persuasif Ke Masyarakat Untuk Tingkatkan Keamanan

Lipsus, Wawancara888 views

Kabarone.com, Konawe – Ajun Komisaris Polisi Muh. Guntur Kapolsek Sawa jajaran Polres Konawe, Polda Sultra kembali mengukir prestasi terbaiknya dengan menekan jumlah tindak kriminalisasi di tiga kecamatan wilayah hukumnya. ” Sejak saya diberikan kepercayaan oleh pimpinan kami di Kepolisian Republik Indonesia sebagai Kapolsek Sawa sejak bulan Desember 2016 lalu (Dua bulan) saya langsung memerintahkan anggota untuk melakukan upaya pendekatan secara persuasif kepada masyarakat utamanya kepada tokoh masyarakat, tokoh pemuda, tokoh agama demi untuk menjadikan wilayah hukum kami aman dan kondusif, jelas AKP Muh. Guntur saat di temui di ruang kerjanya, Selasa (7/2/17).

Menurut dia, masyarakat di wilayah hukumnya memang dikenal begitu bersahabat meskipun terkadang ada yang terjadi kesalah pahamanan, akan tetapi kami bisa atasi. Terbukti sekitar dua bulan saya memimpin Polsek Sawa, terhitung tingkat kriminalitas jauh mengalami penurunan, hal itu terwujud karena fungsi dari Babinkamtibmas kami fungsikan dengan baik, bahkan setiap saat saya perintahkan untuk turun ke masyarakat untuk memantau dan mengawasi perkembangan dan situasi kamtibmas di wilayahnya masing-masing, ucap AKP Muh. Guntur.

Terlebih lagi saat ini setelah turunnya kendaraan operasional dari Polda Sultra sebanyak dua unit jadi tak adalagi alasan untuk tidak bisa turun ke masyarakat, jelasnya. Meski demikian AKP Muh. Guntur mengharapkan agar kedepan semua anggota Babinkamtibmas di Polsek Sawa bisa mendapatkan kendaraan operasional karena mengingat saat ini ada lima anggota Babinkamtibmas di Polsek Sawa akan tetapi kendaraan operasionalnya baru dua sehingga yang lain masih menggunakan kendaraan seadanya, sehingga kedepan nantinya kami berharap kiranya bisa mendapatkan penambahan kendaraan operasional untuk anggota kami dilapangan, harapnya.

Adapun kasus yang berhasil di ungkap sejak kepemimpinannya dua bulan terakhir ini yakni diantaranya kasus pencurian yang terjadi pada bulan januari 2017, tsk (Ersan Jaya dan Darman) alamat Kecamatan Kolono Konsel, kedua tersangka kini dititip di Rutan Punggolaka Kendari untuk proses selanjutnya kami masih melakukan penyidikan adapun barang bukti yang kami amankan adalah barang elektronik berupa TV, DVD, Jam Tangan, HP, kemudian kasus penganiayaan dan pengeroyokan yang dilakukan oleh lima orang pelaku, satu diantaranya sudah diamankan (Yohanis) empat masih buron dan saat ini dalam pengejaran Polisi, jelasnya.

Harapannya kedepan tingkat kejahatan di wilayah hukumnya akan semakin menurun karena menurutnya selama ini kebanyakan setelah mengkomsumsi miras mereka melakukan tindakan kriminal, terang AKP Muh. Guntur. Kini sosialisasi bahaya miras dan bahaya narkoba selalubdi sampaikan ke masyarakat baik melalui rapat di desa maupun penyuluhan langsung di Sekolah SMP dan SMA yang ada di wilayah hukum Polsek Sawa, dengan harapan hasilnya bisa di aplikasikan dan si praktekkan oleh masyarakat dengan menciptakan daerah ini sebagai daerah yang aman dan kondusif serta bebas miras dan Narkoba, pungkas AKP Muh. Guntur mantan Kasubag Sar Pras Polres Konawe.
(Andi Jumawi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *