SMA /MA di Bojonegoro Melaksanakan Ujian Nasional Tahun 2017 Berbasis Komputer

Daerah, Regional808 views

Kabarone.com, Bojonegoro – Pelaksanaan Ujian Nasional (UN) untuk tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Madarasah Aliyah (MA) baik Negeri maupun Swasta mulai dilaksanakan serentak selama tiga hari mulai Senin 10 April 2017 sampai dengan Rabu 12 April 2017.

Di Kabupaten Bojonegoro untuk semua SMA yang melaksanakan Ujian Nasional sudah menerapkan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK).

Pelaksanaan UNBK ini berdasarkan Intruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) No 1 tanggal 10 januari 2017 yang ditujukan kepada Gubernur dan Bupati/Walikota Tentang Pelaksanaan UNBK guna seluruh Intansi Pemerintahan Mendukung Pelaksanaan UNBK.

Untuk tingkat SMA di Bojonegoro tahun 2017 ini pelaksanaan Ujian Nasional semua SMA baik Sekolah Negeri maupun Swasta 100% memakai sistem UNBK yang diikuti sebanyak 4.879 siswa terdiri dari 3.557 siswa dari SMA negeri dan 1.322 siswa dari SMA Swasta.

Sedangkan untuk Madarasah Aliyah di Bojonegoro pada tahun ini diikuti 52 Madarasah Aliyah baik Negeri maupun Swasta tapi belum semua lembaga menerapkan sistem UNBK. Baru ada 21 Lembaga Madarasah Aliyah yang melaksanakan UNBK dengan jumlah 2.162 siswa.
Untuk Madarasah Aliyah yang melaksanakan Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP) sebanyak 31 Lembaga dengan jumlah 1.198 siswa.

Untuk 31 Madarasah Aliyah yang melaksanakan UNKP pendistribusian dan pemisahan naskah soal telah dilakukan di Polres dan sejak H-1 telah dititipkan di Polsek Polsek setempat yang semuanya dilakukan oleh Sub Rayon. Dengan cara setiap hari pihak dari Sekolahan mengambil naskah soal dan setelah selesai dikerjakan diserahkan ke Sub Rayon. Kemudian Sub Rayon akan mengirimkan lembar jawaban ke Propinsi setiap harinya.

Sumiarso selaku Kepala Cabang Dinas Propinsi Jawa Timur untuk Bojonegoro mengungkapkan bahwa pelaksanaan UNBK SMA siap dilaksanakan seperti UNBK tingkat SMK yang telah selesai dilaksanakan dengan lancar walaupun ada sedikit kendala teknik yang pasti pihak Kementerian Pendidikan telah melakukan MOu dengan PLN dan TELKOM agar saat pelaksanaan ujian tidak terjadi pemadaman aliran listrik dan jaringan internet tidak terganggu.

Untuk ujian nasional pada tahun tahun yang akan datang diharapkan kepada Madarasah Aliyah yang tahun ini melaksanakan UNKP agar bisa 100% melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) ungkapnya saat ditemui di kantor Cabang Dinas Propinsi.

Dengan pelaksanaan UNBK dan UNKP untuk tingkat SMK, SMA dan MA agar dapat menumbuhkan nilai kejujuran baik kepada Pengawas Ruang dan kepada siswa.(pur)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *