Khutbah Idul Adha Masjid Baitussalam, Ust Amir Fatah Ajak Muslim Makin Peka Luka Sosial

Daerah, Regional1,200 views

Kabarone.com, SEMARANG – Ratusan umat muslim di Perumahan Graha Beringin Mas Kelurahan Gondoriyo, Kecamatan Ngaliyan, Rabu (22/8) sejak awal waktu berbondong bondong menuju Masjid Baitussalam guna menjalankan sholat idul adha 1438 H.

Pada sholat idul adha kali ini bertindak selaku imam dan khatib Ustad Amir Fatah.

Dihadapan jamaah, khatib dalam khutbahnya menyampaikan latar belakng historis peristiwa penyembelihan hewan kurban dengan ditandai kisah kholilullah Nabi Ibrahim atas putranya Ismail yang kemudian saat dilakukan penyembelihan terhadap Ismail, Allah menggantikan sembelihan dengan seekor qibas atau domba .

” Tatkala Ismail siap disembelih, seketika itu atas perintah Allah Malaikat Jibril turun di Jabal Qurban membawa seekor domba yamg besar gemuk untuk dijadikan sembelihan sebagai pengganti Ismail, Jibrilpun bertakbir Allahu Akbar lantas Ibrahim mengucap Laailahaillallaahu akbar disambut ucapan Ismail Allahu akbar walillaahilhamd.” sebut Ust Amir dalam khutbahnya.

Ada beberapa pesan dan ibrah (pelajaran) menurut Ust Amir Fatah yang mesti dipetik, sehingga perayaan idul adha tidak sebatas seremonial dan rutinitas belaka, yakni diantaranya adalah ajaran ketauhidan,totalitas kecintaan taat kepada Allah dan empati sosial dengan saling memberi juga berbagi.

Diakhir khutbah pertama, khotib kembali menekankan betapa indah nan penting tuntutan agama agar umat islam selalu berinstropeksi diri sejauh mana qurban mampu menjadikan pribadi muslim yang makin dekat dengan Rabnya lewat jalan mengasah kepekaan diri atas luka luka sosial yang diderita sesama.

” Marilah kita berkurban tidak hanya memotong hewan kurban saja akan tetapi berkurban dengan harta kekayaan ,pikiran , atau bahkan tenaga kita meringankan saudara kita terlebih saat ini sedang dirundung musibah dan duka, seperti korban kebakaran, bangunan runtuh juga gempa bumi di Lombok,” paparnya.

Ketua Takmir Masjid Baitussalam Ustad Ubaidillah usai pelaksanaan sholat idul adha mengatakan bahwasanya Masjid Baitussalam setiap tahunnya selalu melaksanakan sholat idul fitri dan idul adha di Masjid.

” Alhamdulillah sholat id selalu di banjiri jamaah terutama warga perum Graha Beringin Mas hingga meluber sampai di luar masjid, Mudah mudahan kita bisa istiqomah dalam berjamaah sebagai simbol ukhuwah ,” harapnya.

Usai pelaksanaan sholat idul adha, Takmir Masjid Baitussalam Perum Graha Beringin Mas juga melakukan penyembelihan hewan kurban. (AF)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *