Anggota Komisi IV DPR RI Viva Yoga Mauladi Kunjungi Petani Garam di Brondong

Daerah, Regional1,145 views

Kabarone.com, Lamongan – Para Petani garam di lamongan Utara utamanya yang ada di Kec Brondong, Lamongan bisa tersenyum lebar. Pasalnya produktifitasnya naik dan harganya memuaskan, apalagi disaat musim kemarau panjang tahun ini mereka bisa panen berulang kali. Senyum petani garam bertambah lebar, karena bakal memiliki gudang garam baru ditambah lagi kebijakan pemerintah yang bakal tidak kan impor garam lagi. Bupati H.Fadeli S.H, M.M mengatakan jika petani di Lamongan khususnya petani garam, mempunyai potensi yang cukup baik dan besar dan memerlukan perhatian, sentuhan-sentuhan dan tehnologi dari Pemerintah Pusat, Dan hal itu sudah direalisasikan melalui DPR RI wakil ketua Komisi IV, Viva Yoga mauladi yang juga Putra Asli Lamongan itu.

“Semoga dengan bantuan berupa pembangunan gudang garam, dan koperasinya meskipun baru 600 meter Persegi nantinya bisa menjadikan embrio dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan petani garam, ” kata Bupati Lamongan pada sejumlah awak media.

“Dirinya berharap perhatian Pemerintah Pusat, DPR RI dengan APBN nya terus berkelanjutan dan tidak berhenti sampai disini. Dukungan semacam inilah yang kami harapkan, kami selaku Pemerintahan Daerah hanya bisa membantu yang kecil-kecil saja,” tambahnya usai, peletakkan batu pertama pembangunan gudang garam, Selasa (16/10/2018).

Dalam kesempatan yang sama, Brahmantya Satyamurti Poerwadi, ST mengatakan, jika Kementrian Kelautan Dan Perikanan (KKP) sedang mengembangkan program usaha garam rakyat, diri nya mengatakan bahwa :

“Salah satunya melalui integrasi lahan, tahun ini di Lamongan sudah diintegrasikan 23 hektar lahan dan berharap dengan potensi besar. Dari 800 hektar lahan yang berpotensi, tercatat sudah ada 205 hektar lahan garam yang aktif di Lamongan. Dari lahan aktif tersebut sudah mampu menghasilkan 23.150 ton garam, yang artinya tiap lahan rata-rata bisa menghasilkan 112 ton. Dengan potensi itu, KKP memberikan bantuan gudang garam, bio membran yang tentunya untuk pemingkatan kesejahteraan petani garam dan Kami juga berharap dari lahan dan petani garam yang aktif itu menjadi satu dalam koperasi. Sehingga integrasi lahan bisa diteruskan. Jika hal itu sudah jalan akan ada pembangunan gudang lagi, intinya jika petani serius maka kami (KKP) akan lebih serius dan berkelanjutan,” terangnya kepada awak media.

Sebelum melakukan peletakkan batu pertama pembangunan gudang garam dan panen garam, kunjungan Anggota DPR RI Komisi IV dan Dirjen KKP serta Bupati Lamongan memberikan sumbangan dan cindera mata simbolis pada petani garam.

Dalam sambutannya Viva Yoga, DPR RI Komisi IV menyampaikan pesannya pada para petani garam , agar bisa berdiri sendiri kedepannya.

“Saya berharap PT.Garam nanti membeli garam rakyat, namun sebaliknya petani harus bisa menjaga kualitas sesuai dengan syarat permintaan PT.Garam dan Dengan peningkatan mutu maupun produksi sendiri nantinya kita tidak akan sampai impor, sehingga garam rakyat akan terserap. Peningkatan produksi garam dengan potensi lahan yang masih cukup luas dan ditunjang memperkuat koperasi petani garam, ” kata Viva Yoga mauladi .
( AS/Rull/F2 )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *