4 Ribu KK di Lamongan Terima Jargas dari Kementrian ESDM, Lebih Ekonomis dari LPG

Daerah, Regional657 views

Kabarone.com,Lamongan – Kabupaten Lamongan tahun ini memperoleh jatah jaringan distribusi Gas Bumi dari Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) untuk rumah tangga (Jargas) bagi 4 ribu Kepala Keluarga (KK). Yang saat ini pengerjaan sambungan pipa gas tersebut di Lamongan sudah dimulai, Kamis (201/6).

Selama satu minggu terakhir ini, puluhan pekerja sudah melakukan pengerjaan sambungan tersebut di sejumlah titik ruas jalan di kota Lamongan. “Ditegaskan, tahun ini kita mendapatkan jatah empat ribu sambungan,” Tegas Faiz Junaidi Asisten Bidang Ekonomi Pembangunan Pemkab Lamongan.

Diperolehnya jatah jaringan distribusi Gas Bumi dari Kementerian Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) untuk rumah tangga (Jargas) bagi 4 ribu Kepala Keluarga, ada 4 hal yang perlu diketahui bersama, yakni :

Pertama, pihaknya mengklaim bahwa jaringan distribusi Gas Bumi / Jargas ini mampu menghemat pengeluaran biaya rumah tangga. ” Untuk keunggulan memakai Jargas, dinilai dapat menghemat pengeluaran biaya rumah tangga. Karena gas tersebut dinilai lebih ekonomis dan irit ketimbang tabung gas elpiji yang biasanya masyarakat pergunakan. Selain itu penggunaan Jargas juga dianggap lebih bersih praktis dan juga mudah. “Tentunya keunggulan yang diperoleh adalah lebih hemat disisi biaya serta lebih bersih.

Kedua, Ia juga mengklaim bahwa jaringan distribusi Gas Bumi / Jargas ini warga masyarakat nantinya bisa mempergunakan Jargas selama 24 jam. ” Masyarakat tak perlu khawatir kehabisan menggunakan Jargas tersebut. Sebab setiap saat masyarakat tinggal menyalakan kompor gasnya dan Jargas sudah bisa digunakan untuk memasak atau keperluan rumah tangga lainnya. “Jika sebelumnya masyarakat khawatir kehabisan tabung gas elpiji saat memasak sekarang bisa langsung menyalakan kompor, karena jaringan ini nantinya akan dipasang di setiap sambungan rumah (SR) warga.

Ketiga, Pemerintah Kabupaten Lamongan (Pemkab.) usulkan 10 ribu jaringan ke sambungan rumah (SR) warga. ” Pemkab Lamongan sendiri juga telah mengusulkan 10 ribu lebih saluran Jargas ke Kementerian ESDM di tahun sebelumnya. Namun usulan tersebut hanya terealisasi sekitar 4 ribu saja. Rencananya sambungan Jargas akan disambungkan ke rumah-rumah warga di Perkotaan, Perum Graha Indah dan Perum Made. “Usulan kami ada 10 ribu pemasaran Jargas. Semoga hal ini bisa dipasang secara berkala setiap tahunnya.

Keempat, Bagikan kompor gas gratis ke warga. ” Untuk tingkat keamanan Jargas ini. Dinilai sangat aman. Dijelaskan oleh Faiz, selain memasang pipa Jargas secara gratis. Kementerian ESDM juga berencana membagikan kompor gas gratis ke beberapa warga. “Kita juga meminta maaf kepada pengguna jalan raya, karena saat ini tengah dikerjakan pengerjaan sambungan Jargas. Tentunya hal ini sangat menghambat perjalanan mereka,” pinta Faiz Junaidi yang panggilan akrabnya Faiz ini (*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *