Mengenang Jasa Para Ulama Dalam Perjuangan Kemerdekaan, Hari Santri Diperingati

Hankam405 views

Kabarone.com,Malang – Dalam rangka menyambut Hari Santri Nasional (HSN) 2019, ratusan peserta upacara penuhi lapangan Donomulyo di acara hari santri nasional (22/10). Tak mau ketinggalan anggota Satuan Tugas (Satgas) TMMD Ke- 106 kodim 0818/Malang-Batu juga hadir mengikuti upacara.

Pada kesempatan ini Serma. Yolla, mengatakan “Hari ini seluruh rakyat Indonesia memperingati Hari Santri. Sesuai dengan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri tanggal 22 Oktober merupakan bukti pengakuan negara atas jasa para ulama dan santri dalam perjuangan merebut, mengawal, mempertahankan, dan mengisi kemerdekaan. Pengakuan terhadap kiprah ulama dan santri tidak lepas dari Resolusi Jihad”, Ucap Serma Yolla.

Kiprah santri teruji dalam menkokohkan pilar-pilar NKRI, berdasarkan Pancasila yang bersendikan Bhinneka Tunggal Ika. Santri berdiri di garda depan membentengi NKRI dari berbagai ancaman. Rabu, (23/10/1019).

Kenyataan ini perlu diungkapkan untuk menginsyafkan semua pihak, termasuk kaum santri sendiri, tentang paham mereka yang besar dalam berdiri dan tegaknya NKRI. Tanpa kiprah kaum santri, dengan sikap-sikap sosialnya yang moderat toleran dan proporsional.

Momentum Hari Santri hari ini perlu ditransformasikan menjadi gerakan penguatan paham kebangsaan yang bersintesis dengan keagamaan, imbuh Serma Yolla. (Pendim 0812/pul).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *