Peringati HUT Ke-2, MUKK Gelar Syukuran

KOTABARU,kabarone.com- Di gelarnya acara peringatan syukuran 2 tahun Majelis Umat Kepercayaan Kaharingan (MUKK), Bupati Kotabaru hadir bersama jajarannya dan sekaligus menyerahkan bantuan di Desa Buluh kuning Kecamatan Sungai Durian, Jumat 13/12/19.

Selain dihadiri Bupati Kotabaru, acara juga dihadiri Kapolres Kotabaru, Dandim 1004 Kotabaru, Danlanal Kotabaru, Kepala SKPD, Ketua DAD (Dewan Adat Dayak) Provinsi Kalsel, Camat Sungai durian beserta jajaran, Pemuka agama dan adat, serta ratusan warga yang antusias hadir pada acara tersebut.

Sukirman ketua umum DMP MUKK (Majelis Umat Kepercayaan Kaharingan) mengatakan, bahwa acara ini akan menjadi catatan sejarah bagi kota pemerintah kabupaten kotabaru, cara ini adalah ulang tahun MUKK, bahwa kepercayaan kaharingan yang telah dibimbing dan dibantu baik tenaga dan pikiran kami tidak dapat melupakan, mungkin akan menjadi catatan sejarah bagi pemerintah kabupaten kotabaru, ucapnya.

Lanjut Sukirman, Majelis Umat Kepercayaan Kaharingan berperan aktif dalam menjaga kedamaian dan menjunjung tinggi kebhinnekaan dalam bingkai persatuan indonesia.

Di tambahkan oleh Ketua Umum Adat Dayak (DAD) Provinsi Kalsel Defriadi Drajat mengatakan, saya berharap agar masyarakat tetap melaksanakan pendidikan, masyarakat yang berada di wilayah- wilayah adat untuk tidak meninggalkan pendidikan, karena itu merupakan masa depan kita, harapnya.

Sementara itu, Bupati Kotabaru H.Sayed Jafar Alaydrus, SH menekankan, bahwa acara serupa yang akan datang, akan di backup oleh pemerintah kabupaten kotabaru, ulang tahun yang ke 3 nanti kita akan backup langsung, saya berada di depan untuk menkoordinir langsung, dan mari kita bangun kebersamaan antar sesama agar kita kokoh dan kuat, karena pusat kaharingan indonesia di kotabaru maka dari itu kita harus siap” tegasnya.

Dalam acara itu, Bupati menyerahkan beberapa bantuan, yaitu Penyerahan bantuan penyelenggaraan peringatan syukuran hari kepercayaan kaharingan kepada ketua panitia, penyerahan bantuan pembangunan dan perabotan TKN Pembina Sungai durian, dan penyerahan bantuan fasilitas PAUD.

Adapun rangkaian acara diawali dengan penampilan tarian binuang garantung dari Adat Dayak Hampang, tarian penyambutan Jihi Pembelum dari Dewan Adat Dayak Provinsi Kalsel, menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya, serta ditutup dengan atraksi tarian Balalap Api dari Desa Batuah Kecamatan Pamukan Barat.(Hrp).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *