Inginkan Warganya Hidup Bersih, Bupati Kotabaru Melalui Dinas PUPR Bangunkan MCK Kombinasi

Daerah, Regional505 views

 

KOTABARU,kabarone.com- Bupati Kotabaru H Sayed Jafar mengharapkan masyarakat agar bisa membudayakan hidup bersih dan sehat, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUPR) Sayed Jafar bangunkan Gedung MCK kombinasi ipal komunal di Desa Bandar Raya Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar Kabupaten Kotabaru, Rabu 5/2/2020.

Bangunan MCK kombinasi ipal komunal tersebut dibangun diatas lahan seluas 81 meter persegi sedangkan instalasi pengolahan air limbah (IPAL) 16 meter persegi yang bisa melayani 100 Kepala keluarga.

Bangunan bertingkat dua yang terlihat sederhana namun lengkap fasilitasnya seperti, 6 buah WC, 2 buah kamar mandi, 1 buah aula, dan 2 buah tempat wudhu, dengan nama “Ikhlas Beramal”.

Usai meresmikan bangunan MCK kombinasi ipal komunal, Bupati Kotabaru H Sayed Jafar mengatakan, bahwa nanti tinggal pemeliharaan saja lagi oleh warga agar kebersihan bangunan ini selalu dijaga, bahkan bupati juga ingin di Desa lainnya dibangun gedung yang sama seperti di Desa Bandar Raya ini agar masyarakat bisa hidup bersih dan sehat.

Kita ingin dengan adanya MCK kombinasi ipal komunal ini warga tidak lagi membuang kotoran sembarangan jadi bisa hidup bersih dan sehat sebab kesehatan itu sangat penting, ucapnya.

Sementara Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kotabaru Maulidiansyah mengatakan, tujuan pembangunan MCK kombinasi ipal komunal ini adalah agar bisa merubah pola hidup masyarakat untuk hidup bersih dan sehat.

Maulid juga mengungkapkan, pelaksanaan pembangun ini secara swakelola masyarakat dengan nama KSM Ikhlas Beramal tahun anggaran 2019 dari dana DAK sebesar Rp 600 juta rupiah selama 150 hari kerja.

Dan tambahnya lagi, berdasarkan visi sanitasi Kabupaten Kotabaru bisa terwujud sanitasi yang berkualitas melalui perilaku hidup bersih dan sehat tidak lepas dari peran serta masyarakat.

Memang perlu adanya perubahan paradigma di masyarakat dalam hal sanitasi karena mereka menganggap hal itu bukan kebutuhan utama padahal sangat penting untuk kesehatan, tutup Maulid.(Hrp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *