Persempit Penyebaran Covid-19, Ini Pesan Iptu Ikhsan Prananto Dan dr. Niky Adi Saputra

Daerah, Regional798 views

 

KOTABARU,kabarone.com- Masih dinilai menjadi salah satu cara yang paling efektif mencegah penyebaran Pandemi Covid-19 khususnya di wilayah Kecamatan Kelumpang Tengah, Polres Kotabarau melalui Polsek Kelumpang Tengah bersama dengan Muspika Kecamatan Kelumpang Tengah hari ini masih lakukan penyemprotan cairan disinfektan di tempat- tempat yang dianggap ramai atau tempat yang banyak disinggahi oleh warga masyarakat, mulai dari Pasar, Loket Pelabuhan Spead, Halte Bus hingga ke Masjid atau Musholla, dan untuk pelaksanaan kali ini kegiatan di fokuskan diwilayah Desa Geronggang Kecamatan Kelumpang Tengah Kabupaten Kotabaru, Selasa 31/3/2020.

Kegiatan yang dihadiri oleh Sekcam Kelumpang Tengah Drs. Nanang Ilmi, Kapuskes Perawatan Tamianggerongg Zainal Akhyar, dokter umum Poskesmas Perawatan Tamianggerongg dr. Niky Adi Saputra, Kapolsek Kelumpang Tengah Iptu Ikhsan Prananto, SIK, Danramil 1004-06 Kelumpang Tengah- Barat Kpt Inf. Wartono, Kepala Desa Geronggang Rian Hidayat.

Kapolsek Kelumpang Tengah Iptu Ikhsan Prananto,SIK mengatakan, hari ini telah di laksanakan kembali Penyemprotan Disinfektan secara massal, dan kegiatan ini di laksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, terutama di wilayah hukum Polsek Kelumpang Tengah.

Pelaksanakan kegiatan ini meliputi Polsek Kelumpang Tengah, dari rekan-rekan Koramil 1004-06, Pemerintahan Desa Geronggang, Poskesmas Perawatan Tamianggerongg dan seluruh tokoh- tokoh masyarakat yang juga ikut serta membantu dan Alhamdulillah bisa terlaksana dengan lancar dan mendapat apresiasi dari masyarakat karena sedikit banyaknya masyarakat Kelumpang Tengah ini sudah paham akan bahaya virus Covid-19 atau biasa yang di sebut Corona, ujar Ikhsan.

Jadi harapan kami semoga kedepan Kelumpang Tengah, terutama Desa Geronggang dan sekitarnya terhindar dari bahaya virus Covid-19, Nanti kita juga akan berkoordinasi dengan pihak Poskesmas dan pemerintahan Desa, juga pihak perusahaan terkait dalam hal ini diwilayah ini ada beberapa perusahaan.

Terutama bagi karyawan yang domisilinya dari luar daerah yang kemungkinan mereka ingin kembali ke daerahnya atau hanya sekedar ke Banjarmasin yang mana merupakan daerah zona merah yang endemiknya positif, dan itu yang perlu di waspadai.

Nanti akan kita lakukan screening di setiap pintu- pitu masuk terutama bagi pihak perusahaan untuk mendatakan ketika ada riwayat mereka keluar daerah, dan akan di himbau untuk di isolasi selama 14 hari setelah itu baru di nyatakan sehat dan baru boleh masuk, tegas Ikhsan.

Titik-titik yang akan di lakukan screening nantinya yaitu di pelabuhan Sembilang milik perusahaan Arutmin, pelabuhan Speed Desa Geronggang dan pintu masuk dari Kelumpang Barat, tepatnya di portal PT. SKIP Senakin di Desa Sang-sang, ketiga titik itu tidak akan lepas dari pengawasan kami dengan di bantu oleh pihak Poskesmas dan semua unsur stekholder, terutama Polsek, Koramil, dan Poskesmas yang menjadi leding sektor yang mana mereka yang memiliki kompetensi di bidang kesehatan kemudian di bantu oleh pemerintah Desa setempat.

Sementara itu Dokter umum Poskesmas Perawatan Tamianggerongg dr. Niky Adi Saputra mengatakan, kami mengucapkan terimakasih kepada Kapolsek Kelumpang Tengah, Danramil 1004-06, Camat, Kepala Desa dan seluruh masyarakat yang sangat peduli dengan kegawat daruratan Covid-19 saat ini, yang telah sama- sama saling membantu dan mencegah penularan covid-19 di wilayah ini.

Kami sangat mendukung dan setuju dengan kegiatan penyemprotan disinfektan, melakukan screening disetiap pintu masuk Desa Geronggang adalah hal yang tepat dikarenakan penyebaran covid- 19 di Kalimantan Selatan terus bertambah dan tidak menutup kemungkinan dapat masuk ke wilayah Kelumpang Tengah jika kita lengah, ujar dr. Niky.

Lanjut Niky, kami selalu siap membantu untuk melakukan pelatihan penyuluhan kepada masyarakat atau petugas yang nantinya berada di pos- pos pintu masuk untuk melaksanakan screening di pintu- pintu masuk.

Insya allah jika terlaksana dengan lancar, semua orang yang masuk ke daerah Geronggang dapat dipantau, terutama jika ada laporan orang masuk yang memiliki perjalanan dari daerah transmisi disertai keluhan akan kami pantau setiap harinya.

Kepada seluruh masyarakat kami harapkan agar dapat melakukan dengan jaga jarak, hindari keramaian, cuci tangan pakai sabun, laksanakan etika batuk yang telah diajarkan dan dirumah saja apabila tidak mendesak untuk keluar rumah, dengan begitu harapannya kita sama- sama dapat memutus mata rantai penularan covid 19 ini, tutupnya.(Hrp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *