Melestarikan Tradisi, Warga Desa Kembangan sekaran Adakan Upacara Wiwitan

Daerah545 views

Lamongan,Kabarone.com – Upacara wiwitan atau acara adat Jawa yang dilakukan menjelang panen diadakan Di desa Kembangan Kecamatan Sekaran Kabupaten Lamongan, warga dengan antusias menggelar wiwitan di sawah yang masih mereka miliki, Kamis (19/8/2020) .

Mereka menggelar wiwitan di tengah sawah, berjalan masuk sepanjang beberapa meter sampai pada lokasi sawah. Sesampainya di lokasi, warga duduk di sekitar sawah dan dihadiri Kades Mashuda, Camat sekaran beserta muspika Kadinas  Petanian ,melaksanakan ritual dengan berdoa dilanjutkan makan bersama.

Dalam sambutan nya Mashuda selaku Kades Kembangan bercerita, ” Ada hama wereng ada sedikit tapi tidak menyurutkan hasil panen tahun ini,program mts tanam sehat agen hayati 60% mulai tahun 2016. banyak jenis pola tanaman padi yang ada di desa kembangan.sistem tanam kita sudah fundamentalis .setrum sudah tidak di gunakan di desa Kembangan. tidak kalah dengan mereka”, ungkap nya.

 Mashuda,” upacara ini merupakan salah satu upaya melestarikan adat tradisi yang berlangsung lama dari nenek moyang. kita adakan setiap  menjelang musim panen padi, “Kami berkewajiban melestarikan budaya itu. Jangan sampai berjalannya waktu era milenial lupa asal usul dan adat tradisi yang sudah ada, Perlu dikembangkan jangan sampai anak-anak lupa akan jati diri orang tua kita adalah petani,” imbuhnya.

wiwitan mengandung filosofi luar biasa, bagaimana masyarakat memohon pada Tuhan untuk panen raya padi yang telah ditanam dan bermanfaat bagi manusia.

Selain itu, dalam wiwitan juga mengingatkan manusia untuk terus melestarikan alam. “Ini juga jadi bentuk ungkapan syukur.  padi masih tumbuh subur yang merupakan anugerah Tuhan,” ujar kades kembangan.

Dalam kemeriahaan acara tersebut juga turut hadir camat sekaran Agus hendrawan, bersama muspika kecamatan yang dihadiri juga oleh para tokoh agama desa, “saya patut bersyukur dengan adanya giat ini. Ini adalah semangat kebersamaan kita semua, saya bangga dan bisa cerita klo kita selalu sinergi serta bisa kawal semua yang di perlukan pera petani dengan dasar metode MTS (management tanaman sehat) mana yang perlu di tanam masyarakat kita sudah paham, Selamat untuk kadin terkait masalah pertanian nomor lima secara nasional, tingkat jatim nomor satu walau dimasa corona ini”, ujar agus.

Kita tetap jaga kesehatan yang utama pakai masker, dan itu yang utama. masker melindungi kita agar virus tidak masuk ke tubuh kita penularan yg bahaya yakni dari mulut dan hidung, Kebiasan pakai masker bisa menyesuaikan. Dalam 3 sampai 5 tahun desa kembangan dapat banyak bantuan, itu kita jaga dan terus kan kegiatannya ini tetep harus bergerak mendukung seluruh program pembangunan, kita berdoa semoga panen tahun ini berlimpah dan berkah ,” ungkap  Camat Sekaran.

Di sampaikan juga oleh kepala dinas pertanian dan holtikultura Lamongan Rudjito, “alhamdulillah kita bersyukur di tengah sawah walau dimasa pendemo kita bisa kumpul untuk acara wiwit padi. ada banyak petani tangguh di sekaran, untuk beras kita berhasil jadi nomor satu di jatim karena bupati nya juga tangguh. kadis cuma mengikuti, petani mandiri itu tujuan dari menuju kemakmuran dengan rata rata tujuh setengah gabah kering perton”.

Lanjut kepala dinas, “Saya sangat bangga petani respon gampang maju dan tidak kolot, hasil panen  melonjak kita bisa di terima oleh masyarakat tapi perlu tahapan. kebiasaan lama ingin di pertahankan, iklim yang sangat berpengaruh jadi kita harus ikut era yang ada situasi sekarang. Wiwit tradisi yg baik, bila ingin memulai yang baik tapi kita mulai dengan hasil yang baik pula.suatu saat kemajuan zaman dengan era kedepan padi yang baik.antisipasi diperlukan pergantian varitas padi agak bisa kita kurangi hama wereng.semoga kedepan alat tanduk mendapatkan alat tanam yang modern mengantikan tenaga manusia”ujar Rudjito (As/F2).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *