Jaga Netralitas Jurnalis di Pilkada, Wartawan Ini Mundur Untuk Jadi Tim Sukses

Daerah214 views

Kabarone.com, Gorontalo – Mantan ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Ramayulis Piliang mengapresiasi langkah yang diambil oleh salah satu wartawan media online Gorontalo David Mohamad, yang berinsiatif menanggalkan jabatanya sebagai wartawan.

Diketahui David Mohamad selaku Redaktur Pelaksana media online Gebrak News milik PT. Gebrak Media Indonesia. David memundurkan diri dari wartawan Gebrak News lantara menjadi tim sukses di salah satu kandidat paslon Pilkada serentak tahun 2020 di Gorontalo.

Kepada awak media Kabarone.com, Ramayulis Piliang menyampaikan, langkah yang diambil oleh salah satu anggotanya itu sudah sangat tepat, mengingat pers dalam menjalankan tugasnya mesti menjaga independensi.

“Sesuai aturan Dewan Pers, wartawan aktif yang ikut pilkada atau menjadi tim sukses harus menanggalkan jabatannya sebagai juru warta. Setelah tidak lagi terlibat dalam politik praktis, barulah boleh kembali bertugas di lapangan,” kata Ramayulis.

Hal senada juga disampaikan David Mohamad pengunduran dirinya selaku Redaktur Pelaksana di media online merupakan keharusan yang harus di implementasikan.

“Saya mundur dari jurnalis karena diminta menjadi tim pemenangan Rustam-Dicky, maka dengan ini profesi jurnalis saya lepaskan,” ujar David

David menambahkan, alasan dirinya mundur dikarenakan terlibat dalam kontestasi politik menjadi tim pemenangan akan berpengaruh netralitas profesi wartawan.

“Ini demi masyarakat dalam mendapatkan informasi yang adil,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *