Jaksa Agung Berharap Insan Pers dan Insan Adhyaksa Terus Bersinergi, Bekerja, dan Berkarya Bersama Demi Kemaslahatan Bangsa

Nasional353 views

Kabarone.com, Jakarta – Jaksa Agung RI. Dr. Burhanuddin, SH. MH. dari ruang kerja sementara di Badan Pendidikan dan Pelatihan Kampus A Ragunan Jakarta Selatan, menjadi pembicara pembuka (Keynote speaker) dalam kegiatan Media Gathering Pusat Penerangan Hukum dengan Pemimpin Redaksi Media Cetak dan Media Elektronik Tahun 2020 di Hotel Kristal Jakarta .

Kegiatan media gathering yang dilaksanakan dengan mengambil tema “Sinergisitas Puspenkum dengan Insan Pers Dalam Penyajian Berita Untuk Meningkatkan Public Trust Kejaksaan RI” dihadiri secara virtual oleh Wakil Jaksa Agung RI Setia Untung Arimuladi, SH.MH. para Jaksa Agung Muda dan Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan dari ruang kerja masing-masing serta dihadiri langsung oleh Jaksa Agung Muda Intelijen Dr. Sunarta, SH. MH., Sekretaris Jaksa Agung Muda Intelijen M. Roskaedi, SH. dan Para Direktur di lingkungan Jaksa Agung Muda Bidang Intelijen serta Kepala Pusat Penerangan Hukum Hari Setiyono, SH. MH.

Jaksa Agung sangat berharap kerja sama yang baik, harmonis, dan profesional antara Insan Pers dengan Kejaksaan mampu mendewasakan masyarakat dan membuka cakrawala hukum masyarakat, sehingga masyarakat dapat secara objektif dalam menilai sebuah isu yang berkembang. Sebuah pemberitaan tidak sekadar bersifat informatif semata, melainkan juga harus memiliki nilai edukasi yang dapat mencerdaskan kehidupan bangsa. Kemerdekaan Pers dalam penyebaran informasi dan pembentukan opini haruslah berdasarkan dengan Hati Nurani karena masyarakat memiliki hak konstitusional untuk mendapatkan informasi yang akurat, benar, dan terpercaya.

“Pada kesempatan yang baik ini, tidak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada para awak media dan para Pimpinan Redaksi Media Cetak dan Media Elektronik yang secara bijak tidak terbawa isu-isu pemberitaan yang tidak benar dan senantiasa mendukung Kejaksaan untuk menyampaikan berita-berita yang positif akan capaian kinerja Kejaksaan dan yang telah memviralkannya ke masyarakat luas,” ungkap Jaksa Agung.

Sebenarnya, menurut Jaksa Agung, cukup banyak capaian kinerja Kejaksaan yang kiranya perlu untuk disebarluaskan kepada masyarakat luas dan dapat diangkat menjadi berita nasional. Inovasi-inovasi pelayanan publik, prestasi mengungkap perkara besar, kesederhanaan hidup Jaksa, tercipatnya satuan kerja dengan predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) adalah sebagian dari informasi yang dapat kita tampilkan ke publik.

“Di samping itu perlu dipahami pula jika Kejaksaan sering bekerja dengan senyap, khususnya dalam pemberantasan tindak pidana korupsi, tidak banyak hiruk pikuk yang ditampilkan, namun kami memiliki capaian hasil kerja dan karya yang sangat nyata, baik dari segi penyelamatan aset, jumlah pengembalian kerugian negara, maupun perkara berskala big fish yang telah dituntaskan secara profesional.” jelas Nya.

Yang tak kalah pentingnya di masa pandemi Covid-19 ini, Jaksa Agung RI mengingatkan tentang perlunya peran sentralnya media untuk dapat menyajikan konten-konten berita dan informasi yang baik dan menenangkan kepada masyarakat agar tercipta pikiran dan ketahanan badan yang sehat. Perlu diingat jika separuh dari penyakit adalah berasal dari pikiran dan pikiran yang sehat berasal dari informasi yang diterima dengan baik dan bersifat menenangkan.

Kejaksaan juga akan terus mengkampanyekan pola hidup sehat dan mengajak masyarakat untuk menerapkan secara ketat Protokol Kesehatan. Kejaksaan mendukung tindakan represif yang dilakukan oleh para aparat penegak hukum manakala himbauan-himbauan untuk mematuhi Protokol Kesehatan sengaja diabaikan oleh masyarakat. Kesadaran hukum masyarakat menjadi kunci utama dalam mencegah penyebaran Covid-19. Semakin tinggi kesadaran hukum, maka akan semakin rendah angka penyebaran Covid-19.

Mengakhiri sambutannya Jaksa Agung RI. mengatakan “ Kembali saya menaruh harapan besar kepada segenap Insan Pers dan Insan Adhyaksa untuk terus bersinergi, bekerja, dan berkarya bersama demi kemaslahatan bangsa dan kesehatan masyarakat serta dalam rangka mewujudkan supremasi hukum untuk Indonesia Maju.”

Setelah kegiatan media gathering dibuka oleh Jaksa Agung RI, acara dilanjutkan dengan penyampaian paparan materi yang dipandu oleh moderator Desvita Veronica dari I News TV. Sedangkan yang bertindak sebagai narasumber yaitu :
Dr. Sunarta , SH. MH. selaku Jaksa Agung Muda Intelijen Kejaksaan RI dengan judul “ Peran Intelijen Kejaksaan republic Indonesia Dalam Bersinergi Bersama Insan Pers Untuk Meningkatkan Public Trust .”
Agus Sudibyo selaku Anggota Dewan Pers dengan judul “ Pendidikan Hukum Melalui Media ”.

Setelah pemaparan materi oleh kedua nara sumber tersebut diatas, acara dilanjutkan dengan diskusi atau tanya jawab antara beberapa Pemimpin Redaksi baik dari media cetak baik itu surat kabar maupun majalah dan media lelektronik baik televise, radio maupun media online .(Sena).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *