Pengelolaan Gowa Lowo Terus Dioptimalkan, ITP Berperan Serius

Daerah341 views

KOTABARU,kabarone.com- Gowa lowo yang merupakan salah satu destinasi wisata yang ada di Desa Tegalrejo Kecamatan Kelumpang Hilir pengelolaannya terus di optimalkan, seperti halnya yang di sampaikan oleh Pjs Bupati Kotabaru Muhammad Syarifuddin.

Dengan berkembangkan destinasi wisata, perekonomian masyarakat sekitar meningkat, kata Syarifuddin saat membuka acara rapat koordinasi (Rakor) Camat se-Kabupaten Kotabaru di rest area wisata Goa Lowo, Rabu 2/12/2020.

Menurut Syarifuddin yang juga Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalimantan Selatan ini, pengembangan wisata secara serius, selain perekonomian masyarakat sekitar menggeliat, juga berdampak terhadap pendapatan asli daerah.

Apalagi keberadaan wisata Goa Lowo ini mendapat dukungan serius PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk Plant Tarjun.

Apresiasi itu juga diberikan kepada kelompok sadar wisata (Pokdarwis) Cipta Pesona. Melalui Bumdes, hanya berapa bulan rest area bersantai yang dibalut suasana keasrian alam sekitar terwujud.

Ini tidak terlepas kebersamaan gotong royong masyarakat tergabung di pokdarwis memajukan wilayah mereka, kami juga mengapresiasi PT Indocement, sudah banyak mendukung pengembangannya, ungkap Syarifuddin.

Management PT ITP Tbk Plant Tarjun H Teguh Iman Basoeki mengatakan, di kesempatan itu, perusahaan diundang sebagai narasumber untuk sharing tentang peranan CSR dalam pengembangan kegiatan Bumdes.

Dalam pengelolaan Goa Lowo, sebagai wisata baru dikembangkan Pemerintah Daerah bersinergi dengan PT Indocement yang bertujuan untuk mempromosikan Goa Lowo wisata alternatif di Kelumpang Hilir.

Ini bentuk kepedulian perusahaan terhadap lingkungan sekitar dan konsistensinya dalam pengembangan Desa mitra, katanya.

Mengharapkan kontribusi diberikan perusahaan memberikan manfaat bagi masyarakat khususnya di Desa Tegalrejo, sekaligus menjadi Desa unggulan dari Desa-Desa lainnya.

Hal ini tentu harus didukung semua lapisan masyarakat untuk bergerak, berkarya, bersinergi bersama, pesanya.

Camat Kelumpang Hilir, Johanuddin, S.Pd, MM, juga memberikan apresiasi kepada PT ITP, mendukung penuh pengembangan Goa Lowo, awalnya hanya biasa, kini menjadi wisata alternatif masyarakat.

Berkat dukungan penuh perusahaan destinasi ini berkembang pesat karena menjadi daya tarik wisatawan lokal maupun luar daerah, sejak dibuka pada 23 agustus 2020 lalu oleh Bupati, katanya.

Terpisah, Tri Widodo penggagas pembangunan wisata Goa Lowo di Desa Tegalrejo banyak potensi yang dapat dikembangkan sebagai objek wisata.

Namun jika dikelola dengan baik, ujar Tri yang juga Ketua Bumdes Pesona Rejo Jaya ini, potensi itu bisa menjadi penguatan ekonomi masyarakat dan sumber PAD yang optimal.

Selaku pengelola kami menghadirkan kesenian tradisional warga Desa Tegalrejo, selain diadakannya UKM dan lainnya yang dapat menarik minat wisatawan, jelasnya.

Selain tersedia beragam wahana untuk pengunjung, antara lain flying fox, outbound, tempat camping, jogging track, kolam renang, dan wahana yang nantinya dapat memanjakan para pewisata, tutupnya.(Hrp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *