FKDMi Peringati Hari lahirnya ke24 Tahun Secara Virtual

Lipsus356 views

JAKARTA, – Forum Komunikasi Dai Muda Indonesia (FKDMI) memperingati Hari Lahirnya yang ke-24 Tahun secara Virtual, Kamis (17/12/2020).

Kegiatan Harlah tersebut dihadiri sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju, Kepala BNPT dan Ketua MUI Pusat Bidang Dakwah serta Anggota dan kader FKDMI Se-Indonesia.

Menteri Agama Fachrul Razi yang hadir pada Harlah ke-24 FKDMI tersebut mengapresiasi peran dan kiprah dakwah keluarga besar Forum Komunikasi Da’i Muda Indonesia (FKDMI). Menag menyampaikan selamat atas peringatan hari lahir FKDMI ke-24.

“Harlah FKDMI ini tentunya sangat bermakna luas bagi pembangunan nasional. Dengan jaringan dan kapasitas sumber daya manusia yang dimiliki, FKDMI tentunya sangat mampu menjalankan fungsi dakwah secara baik dan terus berkarya dan mengabdi bagi umat dan bangsa,” kata Menag Fachrul Razi saat menyampaikan taushiyah pada zoom meeting Peringatan Harlah 24 FKDMI.

Menag menjelaskan, salah satu aspek pembangunan nasional bidang agama adalah penguatan moderasi beragama. Menag menilai gerakan ini sebenarnya telah tumbuh di masyarakat sejak lama. Namun, penguatan moderasi beragama kembali digaungkan untuk terus merawat kerukunan, serta persatuan dan kesatuan.

“Keterlibatan ormas Islam, termasuk da’i muda akan sangat menentukan keberhasilan program moderasi beragama ini,” ucap Menag.

“Saya berharap peran FKDMI semakin luas dan memberi warna bagi kemajuan bangsa. Saya yakin FKDMI memiliki kapasitas untuk menjadi pioneer penguatan moderasi beragama,” lanjutnya menambahkan.

Menkopolhukam Mahfud MD turut menyampaikan pesan-pesan kebangsaan dalam peringatan Harlah 24 FKDMI tersebut. Ia menyebutkan, Dakwah Islam yang rahmatan lil alamin sungguh penting untuk kesejukan kehidupan beragama di bumi Indonesia ini. Para dai muda punya peran dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

________________________________________Negeri ini membutuhkan kaum muda untuk ikut mengatasi problematika dalam semua aspek kehidupan berbangsa. Peran dai untuk memperkuat kesatuan bangsa, menyejukkan didalam masyarakat. Dai muda juga harus terus membangun Optimisme dan Solidaritas kepedulian di tengah kondisi Pandemi Covid-19.

“Teguhkan dakwah rahmatan lil alamin, rukunkan umat dan bangsa kita”. Pesan Mahfud.

Sementara itu, Menteri Desa, PDTT RI Abdul Halim Iskandar menyampaikan Pesan Berdakwah bukan dengan memaksa, bukan dengan caci maki, bukan pula dengan marah-marah, berdakwah harus dengan kasih sayang, berdakwah harus dengan hikmah bil mauidhatil hasanah. “Dakwah bukan semata hanya dengan kata kata, karena Dakwah yang lebih esensial adalah dengan keteladanan dan contoh nyata” urainya.

Melalui Dai, lanjut Abdul Halim, bangsa Indonesia hendaknya diajak menumbuhkan Cinta Tanah Air dan Cinta Sesama. “Mengajak kepada kebaikan berarti pula mengajak Umat mencintai sesama dan membangun Bangsanya. Membangun Indonesia dengan membangun 74.953 Desa” terangnya.

Sementara itu, Kepala BNPT Boy Rafli Amar, berpesan hendaknya Dai Muda selalu menyampaikan dakwah Islam yang bersifat Rahmatan lil ‘Alamin kepada seluruh masyarakat luas. Meningkatkan peran dan fungsi kelompok pemuda dalam rangka mengantisipasi permasalahan kebangsaan yang kita hadapi.

“Melakukan Gerakan melawan radikalisme dan Intoleransi, yang dapat berdampak pada perpecahan antar umat dan warga masyarakat. Serta untuk terus berjuang bersama mengajak seluruh elemen Masyarakat lainnya untuk Menjaga NKRI, Damai, Sejahtera, Adil dan Makmur” tegasnya.

Ketua MUI Pusat Bidang Dakwah M Cholil Nafis menyampaikan bahwa bangsa dan negara serta masyarakat mengharapkan kehadiran FKDMI sebagai lokomotif perubahan dan juga gerakan dakwah Islam wasathiyah agar bisa menyebarkan Islam rahmatan lil alamin.

“Kita harapkan inilah peran pemuda untuk mengkombinasikan antara keagamaan dan kebangsaan di tengah arus globalisasi yang kadang-kadang menghantam terhadap entitas dan identitas bangsa ini. Mudah-mudahan FKDMI menjadi pemuda dakwah yang bisa menyebarkan kebaikan, kedamaian dan juga perubahan di Indonesia ini,” serunya.

Ketua Umum FKDMI Moh Nur Huda menyampaikan peringatan Hari Lahir FKDMI ini mengangkat tema besar “Meneguhkan Dakwah Wasathiyah Rahmatan Lil Alamin”. Karena masih dalam masa pandemi Covid-19, kegiatan peringatan harlah tahun ini dilakukan secara virtual dan juga diikuti oleh para kader dan anggota FKDMI seluruh Indonesia.

“FKDMI menegaskan akan komitmen Kebangsaan dalam menjaga dan merawat Negara Kesatuan Republik Indonesia” pungkasnya.
(MF.Jamil)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *