Tak Ada Pengawasan Dan Anggaran, Jalan Poros Tanjungsari- Sang sang Kotabaru Licin

Daerah738 views

KOTABARU,kabarone.com- Jalan poros yang menghubungkan Desa Tanjungsari Kecamatan Kelumpang Barat- Desa Sangsang Kecamatan Kelumpang Tengah hampir berubah namanya menjadi jalan stapak, padahal jalan tersebut merupakan jalan umum atau jalan milik Pemkab Kotabaru.

Licin dan mulusnya jalan tersebut bukan karena selesainya perbaikan atau perawatan jalan, tapi melainkan akibat banyaknya lumpur yang di penuhi air sehingga menjadi gubangan lumpur yang indah di pandang merana ketika melintasi.

Selama beberapa tahun terakhir jalan tersebut luput dari anggaran, bahkan sudah beberapa kali di usulkan oleh pemerintah Desa setempat, baik melewati pihak legislatif maupun eksekutif.

Seandainya tidak ada jalan kebun milik perusahaan Sinarmas, mungkin Desa- Desa yang ada di Kecamatan Kelumpang Tengah dan Kelumpang Utara akan terisolir karena jalan utama milik Pemkab rusak parah dan di penuhi semak belukar karena tidak pernah di lintasi lagi oleh masyarakat baik roda dua maupun roda empat.

Menanggapi hal itu, Ketua DPRD Kotabaru Syairi Mukhlis, S.Sos mengatakan, terkait jalan Tanjungsari- Sangsang selama ini di lintasi oleh beberapa perusahaan yang kita ketahui dan sudah ada komitmen antara Pemkab dengan pihak perusahaan, terkait perbaikan dan perawatan jalan tersebut yang sudah di bagi beberapa titik sehingga akan di tangani oleh beberapa perusahaan yang melintas di jalan tersebut.

Tentu sejauh ini bagaimana komitmen perusahaan yang menggunakan jalan ini untuk angkutan- angkutan tertentu seperti TBS, alat berat, tentu kami harapkan pemkab benar-benar menyikapi komitmen bersama pada saat di tuangkan dalam pertemuan pada waktu itu, karena kita ketahui bersama jalan Bungkukan- Tanjungsari di tahun sebelumnya sudah ada anggaran untuk perbaikan.

Di tambahkan Syairi, untuk perbaikan jalan Bungkukan- Tanjungsari- Sangsang di tahun 2021 tidak di anggarkan karena kondisi APBD Kotabaru di tahun 2021 di laksanakan untuk pembayaran hutang kegiatan terkait infrastruktur di tahun 2019 lalu di daerah lain.

Sementara Kabid jalan Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kotabaru (PUPR) Senin 29/3/2021 Frans Subakti mengatakan, untuk penanganan jalan Tanjungsari- Sangsang akan saya perintahkah Kasi Pemeliharaan terlebih dulu untuk mencek lokasi jalan tersebut, saat ini alat berat milik PUPR masih mengerjakan pemeliharaan dibeberapa titik di wilayah Kelumpang Utara tepatnya di Desa Mangga.

Kata Frans, untuk penanganan pemeliharaan jalan Tanjungsari- Sangsang menunggu pekerjaan yang lain selesai dulu, karena kami keterbatasan alat, untuk sekarang kami masih melaksanakan pemeliharaan jalan yg lain dimana kondisi jalannya hampir sama dengan jalan tersebut, ucapnya.(HRB)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *