Arutmin Tingkatkan Kompetisi Pemuda Lingkar Tambang

Daerah728 views

KOTABARU,kabarone.com- Peningkatan kompetensi pemuda lingkar Tambang sangat penting dilakukan, untuk memenuhi hal tersebut, PT. Arutmin Indonesia Tambang Senakin kirim pemuda lingkar Tambang untuk mengikuti beberapa pelatihan di Balai Latihan Kerja (BLK) provinsi Kalsel di Banjarbaru.

Sebanyak 10 peserta yang mengikuti kompetensi dibagi menjadi beberapa bidang yakni jurusan listrik, AC dan mesin las, dan peserta yang mengikuti pelatihan di mulai pada 7 Maret 2022 hingga selesai, di BLK Provinsi Kalimantan Selatan di Banjarbaru.

Ferry Ariadi Wardhani CD Officer PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin kepada media ini mengatakan, tujuan kegiatan ini semata-mata untuk meningkatkan ketrampilan bagi pemuda lingkar tambang, agar bisa bersaing pada bursa tenaga kerja.

Kami menyiapkan kopetensi bagi pemuda dilingkar tambang, agar mereka bisa bersaing pada bursa kerja dimana pun mereka melamar, karena sudah memiliki skil yang bisa diandalkan, kata Ferry, Kamis 10/3/2022.

Lanjut ferry, pelatihan ini juga bagian dari penguatan sumber daya manusia oleh PT. Arutmin Indonesia melalui program PPM, harapan kami, para peserta dapat mengikuti semua rangkaian kegiatan ini dengan baik, hingga mereka kembali dengan bekal kompetensi yang mereka dapatkan disana.

Ferry menambahkan bahwa PT. Arutmin juga sebelumnya telah mengirim 18 peserta untuk mengikuti pelatihan di BLK provinsi Kalsel, dan dari hasil pelatihan singkat itu sebagian bisa melanjutkan magang di PT. Arutmin dan perusahaan sub kontraktor di lingkungan Arutmin yang membutuhkan, terangnya.

Pengamat lingkungan dan CSR dari NGO Garnus Herpani mengatakan, apa yang sudah diambil pihak perusahaan tambang tersebut dinilai sangat efektif bagi para pemuda lingkar Tambang yang beruntung bisa mengikuti pelatihan di BLK provinsi.

Selain dibiayai negara dan perusahaan yang bersumber dari program PPM (Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat) PT Arutmin, peserta yang berjumlah 10 orang berasal dari Desa Lingkar Tambang tersebut, diminta benar-benar memanfaatkan moment langka seperti ini, khususnya dalam pendalaman kerja dibidang jurusan listrik, AC dan mesin las.

Apalagi kegiatan tersebut dilaksanakan selama satu bulan penuh dan tempat tidur atau kost dan uang saku juga di sediakan dan jamin oleh PT Arutmin.

Karena selain mendapatkan keterampilan, ilmu tersebut nantinya akan digunakan di kehidupan sehari-hari untuk mencari nafkah mereka, ujarnya mengakhiri.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *