Mahasiswa USS Peduli Lingkungan Sukses Kegiatan Clean Up Riverbed

News315 views

Palembang,Kabar One.com – Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Perikanan kolaborasi bersama Himapikani Pusat X Penjaga Laut Kegiatan Clean UP Riverbed Himaperi dilaksanakan di Area Benteng Kuto Besak, Jalan Sultan Mahmud Badarudin, 19 Ilir, Kec. Bukit Kecil, Kota Palembang, Sumatera Selatan, pada Sabtu (29/10/2022).

Ketua Pelaksana Kegiatan Clean UP Riverbed Himaperi, Ahmad Rahman mengatakan kegiatan ini salah satu cara agar menumbuhkan rasa peduli terhadap lingkungan sekitar. Terhadap akan pentingnya menjaga kebersihan di mana pun kita berada.

Universitas Sumatera Selatan melalui Program Studi Perikanan mengajak masyarakat sekitar untuk senantiasa menjaga kebersihan di lingkungan kita agar bisa mengurangi terjadinya penumpukan sampah dan terjadinya banjir di kota kita tercinta ini.

“Selain terjadinya banjir, penumpukkan sampah di area Benteng Kuto Besak dan Area Sungai Musi bisa juga berdampak pada populasi kehidupan di bawah air sungai musi yang mengakibatkan sungai menjadi tercemar bahkan bisa membunuh mahkluk laut yang hidup disana,” terang Ahmad.

“Ayo! Kita bersama sama jaga sungai kita dan jaga lingkungan kita supaya menjadi kota yang bersih dan bebas dari kebanjiran. USS sukses!, perikanan jaya!,” tambahnya.

Sekretaris Jenderal Himapikani Pusat, Jan Tuheteru mengatakan kami berharap kegiatan kolaboratif ini perlu di tingkatkan di kalangan pemuda mulai komunitas sampai pada ruang kampus memang perlu kegiatan seperti ini. Kami dari Himapikani Pusat mencoba kolaborasi dengan Himpunan Ilmu Perikanan Universitas Sumatera Selatan dengan membuat kegiatan bersih-bersih sungai.

“Tentu kegiatan ini di harapan bisa bermanfaat untuk banyak orang dan bisa membangun mindset kalangan muda untuk menjaga dan melestarikan lingkungan. Dan juga ini momentum harinya para pemuda yakni pada tanggal 28 Oktober 2022 sebagai harinya pemuda Indonesia untuk terus aktif inovatif. Tentu juga harapannya para pemuda bisa membawa perubahan yang baik dan selalu bisa berkolaborasi,” jelasnya.

Terpisah, Mahasiswa yang juga Ketua Bem USS Andi Wiradinata mengatakan acara seperti ini harus digiatkan di kalangan pemuda. Kegiatan kolaborasi antar mahasiswa maupun pemuda untuk kegiatan-kegiatan masyarakat menjadi cerminan nasionalisme terhadap bangsa dan negara.

“Seperti yang di laksanakan oleh Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Perikanan Universitas Sumatera Selatan yang berkolaborasi dengan Himapikani Pusat dan penjaga laut. Kami kolaborasi membuat program bersih-bersih pelantara Sungai Musi dengan tema besar ‘Aksi Muda Jaga Iklim’. Ini adalah wujud aksi nyata terhadap realita sosial masyarakat yang dibutuhkan andil pemuda,” ungkap Andi kepada awak media pada Kamis (03/11/2022).

Andi juga menuturkan kegiatan seperti ini bisa mengajak generasi muda sadar dalam melestarikan dan menjaga lingkungan serta bisa bermanfaat untuk banyak orang ini. (Penulis: Preli Yulianto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *