Sukses Gelar Monev, PPEP OKU Timur Resmi Dikukuhkan

News469 views

OKU Timur Sumsel,Kabar One.com – Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan secara resmi mengukuhkan PPEP OKU Timur. Kegiatan tersebut, dilaksanakan di Aula PSHT, Kecamatan Belitang Madang Raya, Kabupaten OKU Timur, Sumatera Selatan pada Selasa (08/11/2022).

PPEP Kabupaten OKU Timur dikukuhkan secara resmi oleh Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan. Adapun struktur inti M. Hafiz Azhad sebagai Ketua, Eko Wahyudi sebagai Wakil, dan Santi sebagai Bendahara, dan seluruh anggota PPEP se-Camatan OKU Timur.

Ketua pelaksana, Wahyu Wahyudi mengatakan dalam acara tersebut Pendamping Peningkatan Ekonomi Pertanian (PPEP) Kabupaten OKU Timur diikuti oleh 236 orang. Dengan rincian jabatan Pendamping Penyuluh sebanyak 228 orang, sedangkan jabatan PPEP-POPT berjumlah orang dan jabatan PPEP pengamat benih tanaman berjumlah 2 orang.

“Dengan kegiatan ini semoga kami dapat meningkatan kapasitas dan kapabilitas kami agar kami dapat mensukseskan apa yang menjadi program-program Pemerintah di Bidang Pertanian, demi majunya pertanian dan sejahteranya petani di Kabupaten OKU Timur Khususnya dan Provinsi Sumatera Selatan umumnya,” jelas Wahyu.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU Timur Drs. Sepala Hamdani, M.M, mengatakan peranan PPEP OKU Timur menunjukkan dampak positif terhadap Pertanian di Kabupaten OKU Timur. Produktivitas padi ada kenaikan. Diharapkan PPEP Kedepannya dapat memajukan pertanian OKU Timur lebih baik lagi.

“Kinerja PPEP OKU Timur menunjukkan perkembangan positif, menunjukan kemajuan pertanian di Kabupaten OKU Timur. Kami bangga dengan adanya PPEP ini bergerak berdampak, berpengaruh terhadap produktivitas. Semoga kedepannya tetap dan semakin meningkatkan produktivitas pertanian di Kabupaten OKU Timur,” ujarnya.

Mewakili Dinas Pertanian TPH Provinsi Sumsel,Darwan Agus, S.P, M.M, selaku Kepala Bidang Pengolahan Pemasaran Hasil dan Penyuluh (PPHPP) Dinas Pertanian TPH Provinsi Sumatera Selatan mengatakan PPEP dimana pun memiliki kelebihan, wajar PPEP bergerak berdampak terhadap Kabupaten OKU Timur. Kegiatan pada hari ini meliputi pengukuhan forum PPEP, monitoring evaluasi, peningkatan kapasitas seperti penegasan kembali program Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP).

Darwan Agus menuturkan pengukuhan forum PPEP bertujuan sebagai wadah menampung aspirasi kawan-kawan , wadah PPEP untuk kegiatan-kegiatan baik fisik maupun sosial. Rata-rata PPEP bagus tetapi tidak menutup kemungkinan ada yang nakal, dalam artian nakal tidak menjalankan sesuai ketentuan.

Monitoring evaluasi (monev) upaya pengawasan PPEP agar kinerjanya sesuai tupoksi yang berdasarkan Surat Perjanjian Kerja (SPK), mengikuti pertemuan rutin Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Pertanian. Koordinator BPP yang tau persis kinerja PPEP di lapangan, maka dibutuhkan testimoni dari Koordinator BPP dalam Monev ini. Dan dilanjutkan dengan pelatihan-pelatihan dari narasumber nanti.

“Tujuan dari monitoring evaluasi untuk memperbaiki bukan memutus kerja dengan PPEP. Kami mewakili Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan, mengucapkan permohonan maaf yang tadinya Pak Kadin Dinas Pertanian TPH Provinsi Sumsel direncanakan datang tetapi ada dinas luar yang posisinya di Jakarta. Harapan forum PPEP OKU Timur ini menjadi wadah untuk menampung aspirasi, dan bisa menjadi wadah dalam kegiatan-kegiatan yang bermanfaat terkhusus pada sektor pertanian,” jelas Beliau.

Terpisah, Ketua PPEP OKU Timur, M. Hafiz Azhad mengatakan pengukuhan PPEP menjadi awal terbentuknya koordinasi yang baik kedepannya. Dan diharapkan PPEP menjadi anak panah perubahan dengan tagline “Bergerak Berdampak” terkusus kemajuan bagi pertanian Kabupaten OKU Timur. PPEP mendukung serta mewujudkan cita-cita Sumsel Mandiri Pangan, Sumsel Maju Untuk Semua menyongsong dari program Bapak H. Herman Deru, S.H., M.M selaku Gubernur Sumatera Selatan.

“Harapan besar kami menjadi efek baik untuk Kabupaten OKU Timur dan Provinsi Sumsel dibidang penyuluhan pertanian. Monev menjadikan tolak ukur dan intropeksi diri secara pribadi setiap individu PPEP, dan perbaikan untuk kedepannya apa saja yang perlu diperbaiki,” ucap Hafiz kepada awak media pada Rabu (09/11/2022).
“Harapan kita semua dapat berkaca pengalaman-pengalaman yang lalu dan menambah kebaikan bila dinilai baik, mengurangi kekurangan bilamana ada yang kurang sebagai pendamping penyuluh,” tutupnya.

Turut hadir dalam acara tersebut diantaranya tim monev dari Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Provinsi Sumatera Selatan, Kepala Bidang Pengolahan Pemasaran Hasil dan Penyuluh (PPHPP) Dinas Pertanian TPH Provinsi Sumatera Selatan Bapak Darwan Agus, SP, M.M, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKU Timur Drs. Sepala Hamdani, M.M, Kepala Bidang BKSDM Dinas Pertanian Kabupaten OKU Timur Bapak Juni, S.P, MEP diwakili oleh Bapak Kepala seksi Penyuluhan Dinas Petanian Kabupaten OKU Timur Iman Sulaiman, SP, M.Si, Kepala seksi Penyuluhan Dinas Petanian TPH Provinsi Sumatera Selatan Bapak Sutikno, S.P, Ketua DPW Perhiptani Provinsi Sumatera Selatan Listoyo, SE, SP, M.Si, Ketua DPD PERHIPTANI Kabupaten OKU Timur Andri Irawan, SP., M.Si,., Kepala Laboratorium Pengamatan Peramalan Hama Penyakit Tanaman dan Hortikultura Belitang, Wastono, S.P, Penyuluh Kabupaten OKU Timur, Bapak/Ibu Koordinator BPP Pertanian se-Kecamatan Kabupaten OKU Timur. ( Penulis: prely)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *