PT Indocement Tarjun Gandeng PWI Kotabaru Dan LSM Untuk Menanam Pohon

Daerah265 views

KOTABARU, KabarOne.com- Menjelang akhir tahun 2022 PT Indocement Tunggal Prakarsa Tarjun melaksanakan kegiatan penanaman di 8 Desa yang ada di 2 Kecamatan yakni, Desa Gunung Ulin di 2 lokasi, Sungai Taib, Semayap, Dirgahayu, Baharu Utara, Batuah, Sigam, dan terakhir adalah Desa Hilir Muara sebanyak 275 batang pohon seperti, durian, mangga, petai, jambu, jengkol, nagkadak, lengkeng, mahoni dan beberapa bibit lainnya.

Dalam kegiatan penanaman, PT ITP menggandeng kalangan jurnalis yang tergabung dalam organisasi resmi wartawan dalam hal ini Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kotabaru dan salah satu Lembaga Swadaya Masyarakat Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) dan instansi terkait yang memberikan dukungannya, utamanya adalah Kesatuan Pengelola Hutan (KPH) Pulau Laut dan Sebuku.

Tujuan pelaksanaannya tentunya untuk kepedulian terhadap lingkungan serta memberikan edukasi terkait kawasan hutan yang mesti dijaga kelestariannya untuk generasi mendatang, hal tersebut juga secara tidak langsung membantu program Pemerintah.

Environment Head PT ITP Tarjun, Eva Ariani menjelaskan, prinsipnya Indocement ingin menumbuhkan kesadaran dan kepedulian terhadap lingkungan yang melibatkan berbagai stakeholder yang salah satu kegiatannya adalah penanaman pohon.

Kegiatan ini sangat bermanfaat dan melibatkan berbagai pihak termasuk masyarakat didalamnya, tentu tujuannya adalah untuk melakukan perbaikan lingkungan dengan upaya reboisasi yang manfaatnya tentu dapat mencegah daerah-daerah yang dinilai rawan bencana, papar Eva, Kamis 15/12/2022.

Dijelaskannya, menjadi harapannya hal tersebut menjadi pilot project sehingga masyarakat sekitar yang menjadi target penanaman lebih peduli terhadap lingkungan dan menyadari bahwa apabila hutan menjadi gundul maka akan menyebabkan bencana yang merugikan ekosistem lingkungan.

Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Kotabaru, Ahmad Nurahsin Q sangat mengapresiasi atas terlaksananya kegiatan penanaman pohon yang di inisiasi oleh Indocement.

Saya sangat mengapresiasi kepada PT ITP yang telah menggagas kegiatan ini, yang mana bukan hanya PWI atau wartawan dan LSM saja yang menerima manfaatnya namun lebih kepada masyarakat sekitar, ujarnya.

Secara tidak langsung juga lebih meningkatkan hubungan baik antara PT ITP, masyarakat, PWI Kotabaru atau wartawan maupun LSM di Kabupaten Kotabaru untuk terus membangun sinergi yang baik.

Sekali lagi terimakasih kepada Indocement dan pihak-pihak yang membantu, kami juga merasa bangga bisa memberikan edukasi kepada masyarakat langsung berkenaan dengan pentingnya menjaga kawasan hutan, harapnya.

Sementara Koordinator Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), Zamzanie mengaku senang dan apresiasi terhadap kegiatan yang dilaksanakan, menjadi harapannya kawasan hutan yang ditanami berbagai macam pohon tersebut dapat terus lestari.

Kami dari PSM pastinya bangga dengan PT ITP dan PWI atau wartawan yang peduli terhadap lingkungan, ini patut kita dukung, apalagi untuk menjaga lingkungan khususnya area-area yang dinilai rawan dan ini merupakan komitmen dan kepedulian secara nyata, jelasnya.

Sementara Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kotabaru, H M Maulidiansyah menyampaikan, pihaknya sangat mendukung langkah yang dilakukan dalam perbaikan kualitas lingkungan hidup, kami terus support dan mendukung kegiatan semacam itu, apalagi untuk menjaga lingkungan, ujarnya.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *