Dukung Program Pemerintah, Polsek Kelumpang Tengah Gelar Apel Kesiapan Pencegahan Dan Penanganan Karhutla

Daerah228 views

KOTABARU,kabarOne.com- Dalam rangka mengantisipasi bencana alam kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di wilayah Kecamatan Kelumpang Tengah tahun 2023, Polsek Kelumpang Tengah menggelar Apel Kesiapan Pencegahan dan Penanganan Karhutla Tingkat Kecamatan Kelumpang Tengah, Kamis 9/2/2023.

Apel di laksanakan di halaman Mapolsek Kelumpang Tengah di pimpin perwakilan Kecamatan Kasi Kemasyarakatan & Lingkungan Hidup H. Johansyah, S.Sos.M.IP, Aipda KALPIKA FLORENT N. S.Sos, Serka M Yusuf mewakili Danramil Kelumpang Tengah, di hadiri 13 Kepala Desa lingkup Kecamatan Kelumpang Tengah, KPH Cantung dan perwakilan perusahaan PT Arutmin Indonesia Senakin dan PT Skip.

Camat Kelumpang Tengah melalui Kasi Kemasyarakatan & Lingkungan Hidup H. Johansyah, S.Sos.M.IP mengatakan, mengenai Karhutla di harapkan kepada Kepala Desa agar bisa mengkoordinasikan dengan warganya di Desa masing-masing mengenai dampak Karhutla.

Dan untuk memberi pemahaman kepada masyarakat kita sama-sama akan selalu mensosialisasikan hal tersebut melalui lintas sektor Camat, Danramil, Kapolsek dan para Kades dengan warganya dengan mengadakan suatu pemberitahuan atau surat edaran di wilayah Desa masing-masing serta memelihara dan mengawasi masyarakat dalam setiap kegiatannya, ujarnya.

Johansyah juga menghimbau kepada masyarakat terutama yang membuka lahan untuk pertanian maupun perkebunan sebisa mungkin untuk tidak membakar terutama ketika musim kemarau atau panas karena sangat sulit untuk mengendalikan dan bisa menyebar luas dan menjadi kebakaran yang besar.

Sementara Kapolsek Kelumpang Tengah Iptu Rifandy Purnayangkara Putra, S.Tr.K melalui Babinkamtibmas Desa Tamiang Bakung Aipda KALPIKA FLORENT N. S.Sos, mengatakan, apel kesiapan pencegahan dan penanganan Karhutla yang dilaksanakan hari ini merupakan upaya mendukung program Pemerintah tentang musibah bencana kebakaran yang terjadi setiap tahun sehingga kita bersama perlu cegah dan tangani bersama.

Kata Kalpika memang pada saat ini cuaca dalam keadaan musim hujan namun program cegah Karhutla sudah menjadi operasi status tahunan, koordinasi kolaborasi dalam penanganan Karhutla diperkuat sejak dini.

Dalam forum apel ini perlu saya sampaikan bahwa pametaan daerah rawan Karhutla meliputi Desa Sangsang, Desa Sembilang, Desa Sebuli, Desa Tanah Rata dan Desa Tanjung Batu, imbuhnya.

Setelah kegiatan apel selesai di lanjutkan dengan pengecekan peralatan Karhutla dan di diskusi bersama membahas rencana atau koordinasi penanganan Karhutla dan mempersiapkan posko.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *