Andalan Awards 2023, Apresiasi Mahasiswa UAD yang Meraih Prestasi

Daerah284 views

YOGYAKARTA, kabarOne.com – Anugerah Kemahasiswaan UAD (Andalan) Awards 2023 digelar Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) UAD untuk mengapresiasi mahasiswa yang sudah meraih prestasi di berbagai bidang: penalaran, minat bakat, termasuk ketertiban administrasi di UAD dan membawa nama baik UAD.

Hal tersebut disampaikan Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr Gatot Sugiharto, SH, MH, pada acara anugerah bagi mahasiswa berprestasi di Amphitarium Lantai 9 Kampus Utama Jl Jenderal Ahmad Yani, Ringroad Selatan, Kragilan Kalurahan Tamanan, Kapanewon Banguntapan, Kabupaten Bantul, pada 4 Maret 2023.

Penyerahan apresiasi kali ini adalah capaian di tahun 2022. Sedang capaian di tahun 2023 akan diberikan pada tahun 2024.

Harapannya, organisasi kemahasiswaan UAD ke depan lebih kompetitif dan dapat memoerbaiki internal organisasinya. “Juga untuk memacu prestasi di organisasi kemahasiswaan,” kata Gatot.

Di UAD saat ini terdapat 122 organisasi kemahasiswaan dalam bentuk Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dan organisasi otonom untuk saling berkompetisi dan mendapatkan prestasi.

Bagi Gatot, Andalan Awards ini bisa memotivasi mahasiswa yang belum mendapatkan dan yang pernah mendapatkan bisa mempertahankan. “Ini yang kami lakukan untuk memberikan apresiasi kepada mahasiswa,” tandas Gatot.

Selama ini lebih dari 20 macam kompetisi yang diadakan Kemendikbudristek diikuti mahasiwa UAD. Selain juga mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Program Penguatan Kapasitas Ormawa dan sebagainya.

Prestasi mahasiswa UAD terus mengalami peningkatan. Tahun 2020 sebanyak 300 mahasiswa berprestasi, tahun 2021 meningkat menjadi 883 prestasi dan tahun 2022 mencapai 1.266 prestasi tingkat nasional. Selain juga ada prestasi internasional.

Mahasiswa UAD memiliki tagline TANGGUH: Takwa, Amanah, Nalar, Gesit, Gembira, Ulet dan Humanis. Tagline ini merupakan standar kemahasiswaan dan aspek pendampingan layanan mahasiswa UAD.

Rektor UAD, Dr Muchlas, MT, mengatakan, secara material mungkin tidak akan sepadan. “Tapi kami harap ini bisa memberikan motivasi secara emosional sebagai bentuk dukungan penuh dari fakultas maupun universitas,” kata Muchlas.

Rektor UAD menyampaikan target agar prestasi mahasiswa harus terus meningkat dengan memiliki integritas dan intelektual berdasarkan nilai-nilai ke-Islaman yang kuat.

Rektor UAD memberi semangat mahasiswa untuk meraih mimpi masa depan agar bisa berkompeten dalam memasuki dunia industri dan mampu mengambil peran dalam kepemimpinan dunia.

Atas capaian kinerja bidang kemahasiswaan di tingkat nasional yang diklasterisasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, mendorong Biro Kemahasiswaan dan Alumni (Bimawa) UAD untuk mengadakan Andalan Awards.

“Sebagai sebuah ajang penghormatan dan penghargaan kepada segenap insan yang telah berpartisipasi dalam memajukan UAD,” terang Danang Sukantar, MPd selaku Kepala Bidang Pembinaan Organisasi Kemahasiswaan dan Prestasi Mahasiswa Bimawa UAD.

Kepala Bimawa UAD, Choirul Fajri, S.I.Kom, MA, menjelaskan, setiap tahun UAD mempunyai tradisi memberikan apresiasi bagi mahasiswa berprestasi di tingkat nasional dan internasional. “Nantinya akan terus meningkat,” tandasnya.

Selain diberikan kepada mahasiswa, Andalan Awards juga diberikan kepada dosen, tenaga kependidikan, dan pelatih UKM.

Fakultas Teknologi Industri meraih juara umum 1, disusul Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) sebagai juara umum 2 dan Fakultas Sains dan Teknologi Terapan sebagai juara umum 3. (Fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *