Berkarya Dari Belakang Tembok, Lapas Kotabaru Punya Produk Unggulan

Daerah209 views

KOTABARU,kabarOne.com- Dalam rangka pembukaan rangkaian peringatan hari bakti pemasyarakatan Kemenkumham RI 59 tahun 2023 dilingkungan Kemenkum Lapas Kotabaru kelas IIA Kotabaru gelar Bazaar Produk unggulan hasil karya dari belakang tembok.

Acara digelar dihalaman lapas kelas IIA Kotabaru dibuka langsung oleh kalapas Kotabaru Benyamin Yusef Yembise dihadiri Dinkes, Disperindagkop perwakilan pengadilan Negeri Kotabaru, Ketua PWI Kotabaru dan PT Arutmin Indonesia NPLCT Kotabaru, Rabu 29/3/2023.

Kepala Lapas Kelas IIA Kotabaru Benyamin Yusef Yembise mengatakan, kegiatan ini di laksanakan puncaknya pada tanggal 27 April 2023, secara nasional lapas rutan seluruh Indonesia di laksanakan kegiatan one day, one prison, one product

Bagaimana hasil- hasil karya produk dari warga binaan bisa di kenalkan kepada publik dan masyarakat yang mana lapas itu menunjukkan bahwa lapas adalah tempat yang produktif, bukan sebuah tempat yang menyeramkan, ujar Yusef.

Hasil dari kegiatan ini tentunya untuk memenuhi kewajiban kami institusi Pemerintah untuk PNBP, tetapi juga menjadi premi bagi warga binaan sendiri

Perlu di ketahui bahwa dilapas Kotabaru ada program unggulan yaitu Gerdana dan Gernabung bagi narapidana.

Pungsinya narapidana yang diluar tidak kelihatan potensi-potensinya ketika mereka di manusiakan di dalam lapas melalui kampus biru Saijaan potensi-potensi akan keluar karya dari warga binaan.

Di tambahkan Yusef, sekarang ada beberapa produk unggulan dari hasil karya warga binaan di antaranya, kain sasirangan, telur asin, sayur hedroponik, hasil kerajinan tangan dan produk lainnya, jelasnya.

Sementara Kadiskoperind Kotabaru melalui Kabid Koperasi Yusuf Palindang mengatakan, Produk karya lapas Kotabaru tidak kalah baiknya dengan produk di luar sana, ke depannya harus dikerjasamakan di bidang perdagangan khususnya tentang pemasaran karena memang kendala kita selama ini adalah pemasaran.

Kata Yusuf, untuk kemasan sekarang sudah bisa terbantu walaupun masih terbatas tapi ke depannya akan di kembangkan lagi untuk produk- produk UMKM.

kami juga akan menyampaikan informasi ini kepada masyarakat, bahkan paling tidak kawan- kawan di Disperindagkop bahwa ternyata di Lapas Kelas IIA Kotabaru itu ada produk- produk yang bisa di beli sebagai kenang-kenangan, tutupnya.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *