Dr G Sri Nurhartanto, SH, LLM Rektor UAJY Periode 2023-2027

News194 views

YOGYAKARTA, kabarOne.com – Dr G Sri Nurhartanto, SH, LL.M resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) periode 2023-2027 menggantikan Prof Ir Yoyong Arfiadi, M.Eng, Ph.D yang telah berakhir masa jabatannya pada 31 Maret 2023.

Berdasarkan Surat Keputusan Pengurus Yayasan Slamet Rijadi Nomor: 40/Kep-Peng/YSRY/2023 tentang Pengangkatan Rektor Universitas Atma Jaya Yogyakarta Periode 2023-2027, maka Rektor baru akan berkarya mulai tanggal 1 April 2023 sampai dengan 31 Maret 2027.

Pelantikan Rektor diselenggarakan pada Sabtu (1/4/2023) pukul 11.00 WIB di Auditorium Kampus II, Gedung Thomas Aquinas, Babarsari, Yogyakarta, dihadiri sejumlah tamu undangan dari berbagai kalangan, antara lain segenap organ Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta, Uskup Keuskupan Agung Semarang, Mgr Robertus Rubiyatmoko, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah V Daerah Istimewa Yogyakarta Prof drh Aris Junaidi, Ph.D, Dewan Penyantun, pejabat struktural di lingkungan UAJY, Pimpinan Perguruan Tinggi, segenap relasi, perwakilan mahasiswa dan komunitas.

Nurhartanto mengucapkan terima kasih atas kepercayaan yang diberikan untuk memimpin UAJY dalam empat tahun ke depan. Selain itu menyampaikan komitmen untuk bersinergi memajukan UAJY dengan meningkatkan kualitas SDM.

“Target pertama saya adalah kita konsolidasi internal yang ada di dalam supaya satu dengan yang lainnya dapat bekerja sama untuk memajukan UAJY termasuk mencapai cita-cita dan harapan,” kata Nurhartanto, yang menjelaskan tantangan untuk UAJY ke depan semakin berat dan semakin besar.

Salah satunya, UAJY digadang-gadang oleh Dirjen Dikti untuk menjadi universitas unggulan dunia. Tentunya, memerlukan doa, dukungan dan semangat yang besar dari seluruh civitas akademika.

“Mari kita maju, mari kita bersama-sama untuk terus mengembangkan UAJY yang memiliki semangat serviens in lumine veritatis,” ujar Nurhartanto.

Prof Ir Yoyong Arfiadi, M.Eng, Ph.D mengucapkan terima kasih telah dipercaya untuk memimpin UAJY periode 2019-2023. “Selama enpat tahun memimpin UAJY, banyak sekali dinamika yang terjadi dan menjadi bagian dari perjalanan UAJY,” kata Yoyong.

Yoyong Arfiadi merasa bersyukur telah memperoleh kesempatan untuk berkarya di UAJY.

Yoyong berharap, dengan terpilihnya Rektor UAJY yang baru akan membawa arah perkembangan UAJY menjadi lebih baik.

“Saya tentu berharap dan berdoa untuk di masa datang UAJY semakin maju di bawah kepemimpinan Rektor dan pejabat struktural yang baru,” harapnya.

Ketua Umum Pengurus Yayasan Slamet Rijadi Yogyakarta, Dr Ing Ir Andreas Triwiyono menyampaikan harapan untuk Rektor baru UAJY supaya nantinya mampu menjadikan UAJY lebih maju, berkualitas, berdaya saing serta mampu memberikan kontribusi bagi masyarakat Indonesia.

“Saya ucapkan proficiat kepada Bapak Nurhartanto yang telah berkomitmen untuk bisa meneruskan estafet kepemimpinan UAJY sebagai Rektor periode selanjutnya, mudah-mudahan dapat mengemban tugas dengan baik,” ujar Andreas.

Pada kesempatan kali ini, Andreas juga memberikan apresiasi serta mengucapkan terima kasih kepada Rektor periode sebelumnya Prof Ir Yoyong Arfiadi, M.Eng, Ph.D yang telah mengemban tugas dengan baik dan berhasil memajukan UAJY melalui prestasi yang diraih.

Sementara itu Prof Dr MG Endang Sumiarni, SH, M.Hum selaku Ketua Senat Akademik Universitas (SAU) UAJY menyampaikan harapannya semoga Rektor baru UAJY dapat melanjutkan semua program dari Rektor yang lama dan dapat mencapai World Class University.

“Tantangannya tentu tidak mudah untuk mencapai peringkat Akreditasi Berstandar Nasional Perguruan Tinggi maupun World Class University sehingga harus dipenuhi baik kuantitas dan kualitasnya,” pesan Endang.

Dalam rangka menghadapi tantangan tersebut, Endang menekankan bahwa dukungan dari seluruh civitas akademika sangat diperlukan untuk memenuhi standar dan mencapai visi misi UAJY, di antaranya adalah peningkatan SDM dosen, tenaga kependidikan, mahasiswa, alumni dan mitra kerja sama. (Fan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *