PT Arutmin Laksanakan Screening Untuk Operasi Katarak, 29 Orang Layak Untuk Operasi

Daerah103 views

KOTABARU,kabarOne.com- Melalui program PPM, PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin bekerjasama dengan Puskesmas Tamianggeronggang menyelenggarakan screening dalam rangka pelaksanaan bakti sosial operasi katarak gratis untuk masyarakat lingkar Tambang

Pelaksanaan operasi katarak secara gratis akan dilaksanakan Senin 19/6/2023 di Klinik PT Arutmin Indonesia NPLCT Di Desa Sarang Tiung Kecamatan Pulau Laut Sigam Kabupaten Kotabaru.

Tercatat sebanyak 34 orang terdaftar yang mayoritas lansia terlihat antusias untuk mengikuti pemeriksaan oleh tim medis dari Klinik Mata Dr. Umboh dan di nyatakan 29 orang yang layak untuk operasi.

Yang menarik dari 29 orang peserta yang layak di operasi ada peserta dari perbatasan Kaltim tepatnya dari Kecamatan Pamukan Utara.

Pelaksanaan kegiatan screening di laksanakan di Puskesmas Tamianggeronggang, Jum’at 16/6/2023.

Senakin Mine & NPLCT Manager Ahmad Juaeni melalui Supervisor External Affairs Syamsir Alam mengatakan, bidang kesehatan adalah salah satu bidang yang menjadi prioritas dalam pelaksanaan PPM di Tambang Senakin.

Karena dengan peningkatan kesehatan diharapkan bisa pula meningkatan kualitas sumberdaya manusia di wilayah binaan Tambang Senakin, salah satu program unggulan yang rutin dilaksanakan adalah operasi katarak gratis, jelas Syamsir.

Mungkin bagi sebagian orang, operasi katarak adalah hal yang biasa saja, hal ini karena mereka belum pernah merasakan bagaimana rasanya orang yang menderita katarak dengan pandangan yang sangat terbatas bahkan hampir tidak melihat sama sekali.

Bagi mereka penderita katarak, bisa dioperasi dan melihat kembali dengan normal adalah anugerah yang luar biasa. Salah satu kalimat yang cukup menarik adalah “Alhamdulilah Ulun Kawa mengaji lagi,” ungkapnya.

Alhamdulillah tahun ini cukup banyak yang bisa lulus screening mencapai 29 orang dan siap untuk dioperasi, ini tentunya sangat menggembirakan, semoga proses operasinya berjalan lancar tambah Syamsir lagi.

Salah seorang calon pasien yang ikut screening yang akrab disapa Mama Dita mengatakan, bahwa sangat bahagia tahun lalu bisa dioperasi mata sebelah kanan dan berhasil dengan baik, tahun ini mendaftar lagi agar mata kiri juga bisa dioperasi agar penglihatan saya terang benderang seperti waktu muda, imbuh Mama Dita sambil bersanda.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *