Fokus Tangani Stunting, PT Arutmin Libatkan Dokter Spesialis Kandungan Untuk Ibu Hamil Beresiko Tinggi

Daerah69 views

KOTABARU, kabarOne.com- Program PPM merupakan salah satu program penting dalam menjalankan aktivitas usaha, hal ini mengingat program ini menjadi salah satu elemen untuk memberikan dampak langsung terhadap masyarakat dengan keberadaan perusahaan di wilayah mereka.

PT Arutmin Indonesia Senakin Mine yang juga merupakan bagian dari masyarakat senantiasa ingin memberikan dampak positif terhadap masyarakat sekitar dengan menyelenggarakan program-program kemasyarakatan, yang dalam dunia pertambangan disebut program Pengembangan dan Pemberdayaan Masyarakat (PPM).

Melanjutkan program sebelumnya yang sudah dilaksanakan sekitar satu bulan yang lalu, PT Arutmin Indonesia kembali melaksanakan program PPM dalam bentuk layanan pemeriksaan kesehatan ibu hamil disertai dengan USG gratis oleh dokter spesialis kandungan (dr. Iskandar Musgamy, MKes., Sp.OG).

Seperti yang dilakukan bulan sebelumnya, kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan dalam upaya pencegahan anak lahir stunting ini, diantaranya pemeriksaan kondisi janin melalui USG, pemberian vitamin dan obat-obatan sesuai anjuran dokter kepada ibu hamil resiko tinggi serta penyuluhan kesehatan bagi ibu hamil, dan kegiatan ini dilaksanakan di Puskesmas TamiangGeronggang, Kamis 10/8/2023.

Superintendent Admin & CDEA Yudo Prakoso menyampaikan bahwa program ini adalah upaya PT Arutmin Indonesia dalam meningkatkan kesehatan ibu hamil sekaligus sebagai bagian dari upaya untuk pencegahan bayi lahir stunting yang saat ini sedang gencar dilaksanakan oleh Pemerintah.

Lebih lanjut, kami menyadari bahwa di lokasi seperti Kelumpang Tengah ini akses untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis sangat terbatas, sehingga banyak ibu hamil yang tidak pernah memeriksakan kondisi kandungannya ke dokter spesialis kandungan untuk mengetahui perkembangan ibu hamil beserta janin/bayi yang dikandungnya.

Ini tentunya menjadi salah satu penyebab tingginya resiko stunting dan kondisi berbahaya lainnya baik bagi ibu maupun anak yang akan dilahirkannya, Insya Allah kegiatan ini akan dilaksanakan sampai dengan 4 bulan berturu-turut, tambah Yudo.

Sementara salah seorang peserta Nurul Hidayah (32) dari Desa Sang- Sang mengatakan, ia bisa mengikuti program pemeriksaan Ibu hamil serta USG secara gratis ini karena dapat rekomendasi dari Bidan Desa Sang-Sang bulan lalu dan pemeriksaan hari ini merupakan pemeriksaan lanjutan (yang kedua).

” Dari program ini, ia mengatakan, sekarang usia kehamilannya sudah 25 Minggu dan ini merupakan hamil anak ke 3,” paparnya.

Saya ucapkan terimakasih, berkat program PT Arutmin Indonesia saya bisa rutin kontrol dan bahkan bisa USG secara gratis untuk mengetahui perkembangan kondisi janin saya, selain itu saya juga mendapatkan vitamin dan obat-obatan yang dibutuhkan sesuai rekomendasi dokter dan lainnya secara gratis.(HRB)

Penulis; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *