Manfaatkan Air Bersih, Warga Desa Sei. Seluang Gunakan Panel Surya

Daerah220 views

KOTABARU,kabarOne.com- Mengagas sebuah konsep pemompaan air bertenaga matahari atau panel surya oleh PT Arutmin Indonesia Tambang Senakin.

Konsep pengangkatan dan pemompaan air menggunakan inovasi panel surya bertujuan untuk mengalirkan air dari sumber air ke pusat pemukiman penduduk Desa Sei. Seluang Kecamatan Kelumpang Utara Kabupaten Kotabaru (Kal-Sel).

Admin & CDEA Superintendent PT Arutmin Indonesia Senakin Mine Yudo Prakoso mengatakan, pemilihan sumber energi matahari untuk pompa air merupakan pilihan paling rasional yang merupakan energi berlimpah dan berwawasan lingkungan.

Instalasi dan sistem pompa panel surya yang dibangun relatif tidak serumit mesin diesel, sehingga diharapkan mampu dijaga keberlanjutan operasionalnya oleh masyarakat sekitar.

Lebih lanjut, pembangunan sistem instalasi air tenaga surya diawali dengan pembuatan sistem pemompaan air dengan panel surya bertenaga 7.000 Wp. Melalui daya tersebut mampu mengaliri 220 KK di Desa Sei. Seluang dengan debit aliran rerata 733 liter per menit dan menggunakan kapasitas penampungan air 44.000 liter yang terisi terus menerus sampai matahari berhenti bersinar.

Air yang disalurkan/ dialirkan sampai berhenti alirannya sekira jam 20.00 wita, karena pompa yang diaplikasikan merupakan pompa tanpa sistem baterai (accu).

“Pembangunan instalasi ini dilakukan melalui kerjasama antara perusahaan dengan warga setempat yang bertujuan untuk membangun rasa memiliki warga terhadap panel surya sehingga dapat dijaga keberlanjutan operasionalnya,” harapnya.

Di sisi lain, pembangunan non fisik panel surya dilakukan dengan memberikan pengetahuan/ pengajaran kepada warga mengenai komponen panel surya, sistem panel surya, cara pemeliharaan dan pengoperasian panel surya, serta petunjuk cara mengatasi kegagalan operasi panel surya.

“Pelatihan-pelatihan tersebut dilakukan pada anggota Pokdarwis dan warga Desa Sei. Seluang yang dibentuk oleh Pemerintah Desa, dan Pokdarwis merupakan wadah yang beranggotakan warga Desa Sei Seluang yang bertujuan untuk mengelola dan mengoperasikan panel surya di Desa Sei Seluang,” jelas Yudo.

Melalui program PPM Arutmin bekerja sama dengan masyarakat sekitar, pemanfaatan air dari danau pasca tambang melalui tenaga surya berhasil diimplementasikan dengan baik.

Fasilitas air bersih ini diharapkan dapat membantu warga agar tidak lagi kesulitan akan ketersediaan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari untuk lebih memastikan rasa memiliki bersama dari warga setempat,

“Instalasi panel surya ini telah diserahkan operasional dan perawatan sepenuhnya kepada warga dengan persetujuan Kepala Desa dan aparat Desa setempat,” ujar Yudo, Senin 21/8/2023.

Selanjutnya akan diusahakan setiap warga yang mendapat manfaat air bersih untuk memberikan sumbangsih berupa dana yang tidak memberatkan warga atas pemakaian airnya.

Sementara Kepala Desa Sei. Seluang Darmansyah mengatakan, untuk kebutuhan air semula kami masih menggunakan tenaga listrik disel untuk memompa air ke warga yang hanya bisa dimanfaatkan sekitar 220 KK di Desa Sei. Seluang dan memerlukan biaya operasional yang lumayan besar tentunya.

Kini setelah ada bantuan pembangkit tenaga surya ini, sekitar 220 KK di Desa kami bisa memanfaatkan air sekaligus menghemat biaya karena untuk sementara saat ini tidak ada biaya per bulannya untuk operasional alat.

Kami akan bermusyawarah untuk menjaga kelangsungan operasional Instalasi Air Bersih ini demi peningkatan kualitas hidup warga Desa Sei. Seluang, pungkasnya.(HRB)

Penulis; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *