Daerah Pesisir Dan Kepulauan Terima Ambulance Laut Guna Menunjang Pelayanan Kesehatan

Daerah76 views

KOTABARU,kabarOne.com- Empat Puskesmas di Kecamatan di wilayah pesisir dan kepulauan terima Ambulance Laut yang di serahkan langsung oleh Bupati Kotabaru H Sayed Jafar di pelabuhan penyeberangan Fery Stagen Kotabaru, Rabu 27/9/2023.

Puskesmas yang mendapatkan Ambulance Laut yaitu, Puskesmas Marabatuan, Puskesmas Tanjung Lalak, Puskesmas Tanjung Samalantakan dan Puskesmas Pudi Kecamatan Kelumpang Utara.

Bupati kotabaru H Sayed Jafar mengatakan, pengadaan alat kesehatan berupa Ambulance Laut yang diserahkan hari ini saya harapkan dapat mendukung layanan kesehatan kepada masyarakat yang lebih baik dan menjangkau hingga ke pelosok Desa sehingga mendapatkan layanan kesehatan dengan mudah dan cepat.

” Akses pelayanan kesehatan yang sesuai dengan kondisi geografis Kotabaru ini sangat dibutuhkan oleh masyarakat, mengingat masih adanya kendala transportasi bagi pasien dari Kecamatan apabila harus dirujuk ke RSUD,” ungkap Bupati.

Saya harapkan kehadiran Ambulance Laut dapat membantu peningkatan dan kecepatan layanan kesehatan bagi warga yang pada gilirannya akan mendukung peningkatan derajat kesehatan masyarakat.

” Dengan hadirnya Ambulance Laut ini tidak ada lagi masyarakat di daerah kepulauan yang kesulitan untuk dibawa ke rumah sakit rujukan guna mendapatkan layanan kesehatan tingkat lanjut,” harapnya.

Saya berpesan kepada Camat dan Kepala Puskesmas yang mendapatkan Mmbulance Laut hari ini, agar sarana kesehatan ini bisa dijaga dan dirawat sebaik mungkin agar bisa bermanfaat untuk masyarakat yang berdomisili diwilayah kepulauan dan pesisir dalam jangka waktu yang panjang.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru Erwin Simanjuntak mengatakan, bahwa sumber dana Ambulance Laut ini melalui dana DAK Kementrian Kesehatan yang mana mendapatkan 4 unit Ambulance Laut, yaitu untuk Marabatuan, Tanjung Lalak, Tanjung Samalantakan dan Pudi.

Ia menambahkan, kedepannya sesuai arahan Bupati Kotabaru bahwa akan perjuangkan untuk daerah yang sulit dijangkau dengan darat sehingga nanti akan diberikan Ambulance Laut seperti yang sudah ada ini.

” Bahwa sudah disampaikan kepada seluruh Puskesmas yang ahli dalam bidang speed supaya nanti di operasikan Ambulan Laut agar berjalan dengan lancar,” ujar Erwin.

Di kegiatan ini juga dilakukan Penandatanganan perjanjian kerjasama tentang pelayanan kesehatan melalui dana pendamping untuk masyarakat miskin/tidak mampu di Kabupaten Kotabaru oleh dr. Anna Martiana Afida (spesialis psikologi klinik MP) yang merupakan Direktur RS Sambang Lihum Kalsel.

Hadir Direktur RS Samabang Lihum Kalsel, Kepala SKPD lingkup Pemerintah Kabupaten Kotabaru, Forkopimda serta Kepala Puskesmas di 4 Kecamatan.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *