Kantor Baru Makodim 1004 Kotababaru Diresmikan, Zulfikar Darwin; Realisasi Dana Kompensasi Sebuku Coal Group

Daerah497 views

KOTABARU,kabarOne.com- Panglima Kodam (Pangdam) VI Mulawarman Mayjen TNI Tri Budi Utomo di dampingi Kapolda Kalsel, Bupati dan Wakil Bupati Kotabaru Kalimantan Selatan meresmikan kantor baru Makodim 1004 Kotabaru, Sabtu (30/12/2023).

Hadir Danrem 101/Antasari, Kapolda Kalimantan Selatan, Dandim 1004/Kotabaru, Bupati dan Wakil Bupati Kotabaru beserta isteri, Forkopimda Kotabaru, Kepala SKPD Kotabar, tokoh agama dan masyarakat serta pemuda.

Bupati Kotabaru H. Sayed Jafar dalam sambutannya mengatakan, dengan diresmikannya kantor baru Makodim 1004/Kotabaru ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan kepada para personel Kodim Kotabaru dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya.

” Dengan kantor baru ini kami mengharapkan agar jajaran Kodim 1004/Kotabaru semakin dekat dengan masyarakat, ikut serta menjaga pelaksanaan pembangunan, menjaga ketahanan daerah serta menjaga ketahanan pangan di Bumi Saijaan, ” ujar Bupati Kotabaru.

Ditambahkan Dandim 1004/Kotabaru Letkol INF Boni Berdian, S. E mengucapkan rasa terimakasih kepada Pangdam VI/Mulawarman dan Danrem 101/ Antasari yang telah berhadir dalam peresmian serta kepada Bupati Kotabaru, Ketua DPRD Kotabaru dan PT. Sebuku Coal Group yang telah menyetujui dan menyalurkan dana kompensasi untuk pembangunan kantor Kodim 1004/Kotabaru.

” Dengan berdirinya kantor baru Kodim 1004/Kotabaru dalam melaksanakan tugas pokok Kodim, menyelenggarakan pembinaan, kemampuan, kekuatan dan gelar kekuatan,” sebutnya.

Selain itu pembinaan teritorial untuk menyiapkan wilayah pertahanan darat dan menjaga keamanan wilayah dalam rangka mendukung tugas pokok
korem 101/Antasari dan Kodam VI/Mulawarman.

Lebih lanjut, Kodim 1004/Kotabaru juga akan selalu hadir ditengah masyarakat dan senantiasa menjadi solusi atas kesulitan masyarakat.

” Dan kami juga siap bersinergi dengan forkopimda untuk membantu pemerintah daerah dalam pelaksanaan program-program yang sudah dicanangkan oleh Bupati Kotabaru ke depan,” ungkap Bini.

Sementara Kepala Teknik Tambang (KTT) Sebuku Coal Group Zulfikar Darwin mengatakan, pembangunan kantor baru Makodim 1004 Kotabaru dengan anggaran biaya senilai 7,5 miliar serta pengaspalan senila 2,8 miliar, dan ini merupakan hasil dari persetujuan dari Pemerintah Daerah dan DPRD Kotabaru yang merupakan salah satu dari realisasi dana kompensasi Sebuku Coal Group dalam bidang infrastruktur.

” Insya Allah dana kompensasi akan dilaksanakan dengan cara bertahap untuk di tuntaskan sesuai komitmen Sebuku Coal Group kepada Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kotabaru,” jelasnya.

Perlu kami sampaikan, selain realisasi pembangunan kantor Makodim 1004 Kotabaru yang diresmikan hari ini, juga terdapat total 25 projects dari dana kompensasi yang sudah terealisasi maupun dalam tahap pelaksanaan dengan total anggaran 220 miliar.

” Selain itu, pada tahun 2015 sebesar 43,6 miliar, tahun 2016 sebesar 23,1 miliar, tahun 2021 sebesar 39,5 miliar, dan tahun 2022 sebesar 84,8 miliar serta tahun 2023 sebesar 28,9 miliar, jadi dana yang sudah direalisasi dari Sebuku Coal Group sebesar 220,1 miliar dari rencana dana kompensasi 700 miliar,” sebutnya.

Lebih lanjut di katakan Zulfikar Darwin, dalam kesempatan ini terkait peresmian kantor Makodim 1004 Kotabaru, perkenankan kami atas nama manajemen dan seluruh staf karyawan Sebuku Coal Group menghaturkan banyak terimakasih kepada Pangdam, Danrem, Bupati dan Dandim serta jajaran Forkompinda Kotabaru.

” Semoga dengan kantor baru Makodim 1004 Kotabaru ini dapat memberikan manfaat sebesar-besarnya kepada seluruh jajaran Kodim pada khususnya dan masyarakat Kotabaru pada umumnya,” paparnya.

Saya ucapkan terimakasih atas dukungan dan bimbingannya Forkompinda dan seluruh masyarakat Kotabaru terhadap Sebuku Coal Group sehingga sukses beroperasi berkarya, bersinergi, berkolaborasi dengan seluruh pihak, baik itu Pemerintah masyarakat dan lingkungan untuk dapat hidup secara harmonis serta merasakan kenyamanan dan kesejahteraan bersama.

” Kami akan terus berkomitmen dan konsen menjaga etika bisnis dengan melaksanakan kaidah pertambangan yang baik dan berwawasan lingkungan, meningkatkan dan mengembangkan sumberdaya manusia mulia dari program pembedayaan dan pengembangan masyarakat (PPM) secara berkelanjutan dan berkesinambungan,”ujarnya.

Peresmian ini juga diisi dengan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) Polda Kalsel dengan Kodam VI/Mulawarman, Lanud Sjamsudin Noor dan Lanal Banjarmasin.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *