Polda Jateng Optimalkan Penurunan Angka Kecelakaan, Salah satunya Melalui Ops Keselamatan Lalin

Hankam84 views

SEMARANG,kabarone.com- Fenomena banyaknya korban jiwa dan kerugian materi akibat kecelakaan lalu lintas di jalan raya menjadi perhatian tersendiri bagi Polda Jateng.

Mayoritas kecelakaan terjadi akibat kesalahan manusia (human error) sebab para pengendara kurang kesadaran terhadap aturan keselamatan berkendara di jalan raya.

Berangkat dari hal itu, operasi keselamatan lalu lintas 2024 hingga kini masih berlangsung untuk menciptakan masyarakat yang tertib berlalu lintas menjelang Ramadhan dan Idul Fitri 1445 H /2024 M mendatang.

Pernyataan tersebut disampaikan
Kasatgas Humas Operasi Keselamatan 2024, AKBP Eko Kurniawan di Mapolda Jateng, Rabu (6/3/2024)

Menurutnya, selain mengurangi laka lantas dan mengedukasi masyarakat agar disiplin berlalu lintas, Eko menyebut Ops Keselamatan intinya adalah peduli terhadap keselamatan di jalan raya.

“Mengurangi laka lantas dan mengedukasi masyarakat untuk disiplin berlalulintas lintas serta peduli terhadap keselamatan di jalan raya adalah inti dari pelaksanaan operasi keselamatan berlalulintas,” ungkap Eko.

Dirinya berharap, kecelakaan lalu lintas akan menurun signifikan setelah operasi ini berakhir dan akan terlihat dampaknya nanti pada saat pengamanan arus mudik bulan April 2024.

Sebagaimana diketahui, guna mencapai tujuan tersebut, Polda Jateng menggelar berbagai kegiatan untuk meningkatkan pengetahuan dan disiplin masyarakat dalam berlalu lintas antara lain penyuluhan pada pengguna kendaraan pribadi hingga komunitas ojek, lingkungan perusahaan serta lingkungan pendidikan.

“Untuk lingkungan pendidikan dilakukan mulai tingkat PAUD hingga Perguruan Tinggi. Tentu saja, penyuluhannya dilakukan dengan pendekatan yang berbeda sesuai kondisi psikologis anak-anak dan para remaja,” tandas Eko.

“Lingkungan pesantren juga akan dikunjungi. Untuk yang ini, kita akan menggandeng para tokoh agama ” ungkapnya lagi

Selain itu, upaya penyuluhan juga dilakukan lewat media elektronik, media sosial dan media online.

“Program-program ini dilaksanakan menyeluruh di tingkat Polda hingga polres jajaran. Diharapkan gaungnya cukup terasa sehingga masyarakat menjadi lebih peduli tentang disiplin berlalulintas dan keselamatan di jalan raya,” terangnya

Kabid Humas Polda Jateng Kombes Pol Satake Bayu Setianto turut menghimbau masyarakat agar menjadi lebih disiplin semasa Operasi Keselamatan lalu lintas sedang di gelar.

” Kedisiplinan berlalu lintas sangat bermanfaat bagi masyarakat sendiri terutama untuk mengurangi angka kecelakaan yang selama ini angkanya cukup besar, mari jadikan keselamatan lalu lintas sebagai sebuah kebutuhan, ” pungkas Satake Bayu.

AMR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *