BLK Kotabaru Berikan Pelatihan Berbasis Kompetensi, Sekda; Ini Solusi

Daerah150 views

KOTABARU,kabarOne.com- Dalam rangka memberikan bekal ketrampilan kepada masyarakat, UPT Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja (Disnakertrans) Kabupaten Kotabaru memberikan pelatihan berbasis kompetensi untuk 4(empat) paket kejuruan dengan sumber dana dari APBD Kabupaten Kotabaru bertempat di Aula BLK Kotabaru, Rabu (29/05/24).

Ke 4 jurusan yaitu, Pelatihan Komputer, Teknik Las, Menjahit, dan Otomotif yang diikuti sebanyak 96 orang peserta.

Hadir Sekda Kabupaten Kotabaru Drs. H Said Akhmad didampingi Plt Kepala Disnakertrans Kotabaru Halim Perdanakusuma, Kepala BLK Pebriyanta Sitepu, Camat Pulau Laut Sigam dan perwakilan pihak perusahaan yang beroperasi di Kabupaten Kotabaru.

Bupati Kotabaru H Sayed Jafar disampaikan SekdaKotabaru Drs. H. Said Akhmad mengatakan, Pelatihan kerja mempunyai peranan penting untuk mengembangkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang kompeten, yaitu kemampuan untuk menguasai dan menerapkan pengetahuan dan keterampilan di tempat kerja.

“Ini Salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas para pencari kerja dengan menyelenggarakan pelatihan berbasis kompetensi, dan ini sebagai instrumen pengembangan sumber daya manusia yang diharapkan dapat mentransfer pengetahuan, keterampilan, dan etos kerja yang produktif sehingga nantinya mampu melahirkan sumber daya manusia yang berkualitas,” ungkap Sekda.

Lebih lanjut kata Sekda, Pelatihan berbasis kompetensi harus menjadi faktor penentu dalam menjawab tantangan global dan persaingan SDM dari berbagai daerah.

“Kehadiran para peserta yang mengikuti pelatihan ini sangatlah memberi arti penting bagi angkatan kerja, dan pelatihan ini juga merupakan salah satu upaya pemerintah dalam meningkatkan keterampilan pekerja di Kabupaten Kotabaru,” tambahnya.

Bagi pemerintah itu sendiri, keberadaan kegiatan pelatihan merupakan salah satu kegiatan yang dapat mengurangi pengangguran di Kabupaten Kotabaru.

“Dengan pelatihan besar harapan saya agar dapat terjalin komunikasi yang baik antara peserta dengan penyelenggara, dan seluruh peserta pelatihan dapat mengikuti pelatihan dengan serius dan penuh perhatian sehingga dapat menyerap ilmu yang disampaikan oleh pemateri dengan baik,” harap Sekda.(HRB)

By; Herpani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *