Dies Natalis ke – 59, Unnes Siap Menuju Universitas Berkelas Dunia

Daerah170 views

Semarang,Kabar One.com-Universitas Negeri Semarang (Unnes) menggelar Dies Natalis ke-59 di Auditorium Prof. Wuryanto kampus Universitas Negeri Semarang ( Unnes) Sekaran, Gunungpati Semarang Sabtu (8/6/2024).

Momentum ini menandai tonggak sejarah penting dalam perjalanan Unnes menuju universitas berkelas dunia.

Rektor Unnes Prof. Martono menuturkan visi World Class University atau Universitas berkelas dunia merupakan salah satu target Unnes di lima tahun pertama sebagai PTNBH.

” Visi Unnes menjadi universitas berkelas dunia merupakan bagian dari target lima tahun pertama Unnes sebagai PTNBH, ‘ tutur Prof Martono.

Dirinya menyampaikan terima kasih kepada seluruh civitas akademika selama setahun terakhir dan menaruh harapan kerja sama di dalam institusi semakin ditingkatkan agar prestasi serta capaian akademik dan kualitas pendidikan dari tahun ke tahun terus meningkat.

“Berkat kerja keras kita semua Unnes telah mendapatkan berbagai prestasi diraih serta kita akan selalu komitmen untuk meningkatkan kualitas pendidikan,” ucapnya.

Saat ini Unnes memiliki 22 program studi yang terakreditasi internasional dan akan terus meningkatkan reputasi global melalui jalur kelas internasional dan berbagai inisiatif kolaboratif.

Selain itu, Unnes mempertahankan kehadirannya yang kuat dalam publikasi akademik internasional, dengan sembilan jurnal terindeks Scopus dan satu jurnal terindeks Web of Science.

Dies Natalis ke-59 tahun dimaknai perjalanan dalam meningkatkan kualitas pendidikan termasuk perbaikan kapasitas akademik dan institusi agar semakin menghasilkan sumber daya manusia (SDM) lulusan berdaya saing global. Serta tujuan utama dicapai, ingin mempersiapkan diri memberikan kontribusi terhadap kemajuan pendidikan di tanah air sesuai visi dan misi menuju Indonesia Emas 2045.

“Unnes Berintegritas untuk Indonesia Emas.” tandasnya.

Ia menegaskan kembali dedikasi Unnes dalam menjunjung standar etika yang tinggi dalam misinya berkontribusi terhadap visi menuju Indonesia Emas 2024 yang dituangkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional,” ujarnya.

Perjalanan transformasi Unnes sebagai Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTNBH) juga menjadi sorotan, menekankan perlunya terus membangun kapasitas di bidang akademik, keuangan, sumber daya manusia, dan reputasi institusi.

“Kami berkomitmen untuk memperkuat kapasitas dalam menghadapi tantangan ke depan dan terus menjadi teladan dalam keberlanjutan,” ujar Prof. Martono.

Dalam upacara Dies Natalis ke-59, Unnes juga menyerahkan penghargaan konservasi kepada dua tokoh berpengaruh: Victor Rachmat Hartono dari Djarum Foundation atas upaya pelestarian lingkungan dan Drs. Jansen Manansang M.Sc. atas kontribusinya terhadap konservasi satwa liar.

Prof Martono menyampaikan terima kasih sebesar-besarnya kepada seluruh kontributor dalam kemajuan Unnes. “Mari kita bersatu untuk terus membangun universitas tercinta ini. Setiap kontribusi, besar atau kecil, sangat berarti bagi institusi kita,” pintanya.

Perayaan Dies Natalis ke-59 adalah bukti dari dedikasi Unnes terhadap keunggulan pendidikan dan visinya untuk menjadi universitas berkelas dunia dan berwawasan konservasi yang berkomitmen terhadap kemajuan nasional dan global.

AMR

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *