Tingkatkan Disiplin, Pemkab Konawe Terapkan Absensi Sidik Jari

Daerah1,062 views

Kabarone.com, Konawe –  Pemerintah Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara tidak main – main untuk meningkatkan disiplin pegawai negeri sipilnya, sesuai dengan PP 53 Tahun 2010 tentang disiplin PNS. Peningkatan disiplin tersebut dimulai dari tingkat kehadiran pegawai dalam menjalankan tugas dan tanggung jawabnya sebagai abdi negera.

Untuk mencapai target tersebut, Pemerintah Kabupaten Konawe telah menerapkan absensi sidik jari untuk mengetahui tingkat kehadiran para pegawai di masing – masing SKPD, Kantor dan Badan.

Salah satu instansi yang telah menerapkan absensi sidik jari tersebut yakni dinas Pendidikan Kabupaten Konawe. Plt Sekda sekaligus Kepala Dinas Pendidikan Konawe,H.Ridwan Lamaroa, S.Sos, Msi saat ditemui usai memimpin rapat di aula dinas Pendidikan Konawe, Selasa ( 6/10 ) lalu mengatakan rapat yang baru saja dilaksanakan itu dalam rangka memperkuat disiplin PNS.

Dalam rapat tersebut dirinya menegaskan bagaimana ketentuan peraturan ASN dan PNS itu betul – betul dilaksanakan terutama jam kerja dan jam kehadiran. Karena menurut dia, ia tidak mau lagi melihat pegawai yang tidak mau disiplin.

“Disiplin itu harus dimulai dari sendiri.Sebagai pimpinan harus memberi contoh ke bawahan kita.Bagaimana bawahan mau disiplin kalau kita sendiri tidak disiplin, jadi kita harus memberi contoh dulu,” katanya.

Dikatakan, dengan penerapan absensi sidik jari sudah dapat dibedakan antara pegawai yang rajin dengan yang malas apel.Menurutnya, penerapan absensi ini akan dievaluasi setiap bulannya.

Lebih lanjut H.Ridwan menuturkan sejak diterapkannya disiplin PNS lingkup Pemkab Konawe, jam kehadiran dan jam kerja pegawai negeri sipil Konawe meningkat.

” Alhamdulillah sudah mendapat respon positif.Memang pekerjaan yang pernah dilakukan baru berhenti, itu kita harus lagi semacam penyesuaian.Saya sendiri selama September itu belum terlalu, tapi saya berikan sosialisasi kembali bagaimana kita mau jadikan itu kebiasaan.Bulan Oktober ini semua sudah harus efektif, semua sudah jalan.Apalagi sekretariat itu sudah pagi – sore dilaksanakan apel,” tuturnya.( Suk )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *