Bojonegoro festival Belimbing 2016

Wisata818 views

Kabarone.com, Bojonegoro – Penanda tanganan Anugerah Wisata jawa Timur tahun 2014 menjadi rangkaian festival belimbing ke 3 yang berlangsung hari ini, Minggu (14/11)’pagi.
Rombongan Wakil Bupati Bojonegoro,Drs.H.Setyo Hartono MM mendapatkan sambutan yang meriah mulai dari drumband SDN Pungpungan 2 , tak hanya itu tampilan seni lesung oleh ibu ibu menjadi daya tarik tersendiri. Pemukulan kentongan menjadi pembuka acara festival belimbing selanjutnya wabup berkenan melihat penilaian kontes belimbing,tak hanya melihat wabup berkenan mencicipi belimbing yang ikut dalam kontes ini.
Acara dilanjutkan dengan ritual yang dipimpin oleh sesepuh desa ki Zaenuri, sesepuh desa membacakan beberapa doa mengharap agar Allah SWT melindungi kebun belimbing warga dan tahun kedepan buah belimbing akan memberikan hasil yang bagus. Ritual ini merupakan bentuk permohonan dan wujud syukur agar Allah memberikan berkah yang kepada seluruh petani belimbing desa ngringinrejo.janur yang telah didoakan kemudian akan dibagikan kepada seluruh petani belimbing kemudian akan di pasang di sudut sudut kebun warga.warga percaya bahwa janur kuning yang telah didoakan akan membawa pertanda baik.
Sementara itu Wakil Bupati Bojonegoro,Drs.H.Setyo Hartono dalam sambutannya menyampaikan ini adalah suatu kehormatan karena bisa hadir, belimbing membawa nama Bojonegoro sehingga banyak warga yang datang untuk menngunjungi sentra belimbing. Untuk meningkatkan kualitas pertanian utamanya belimbing bisa berkonsultasi dengan pertanian.tanaman ini adalah berkah dari Allah harus dirawat dan dijaga.warga harus saling rukun dan menjaga agar keberkahan Allah melimpah dibumi
Kemeriahan Festival belimbing sudah terasa sejak pagi,warga sekitar sudah berkumpul didepan balai desa, tak hanya membawa hasil kebun kaum ibu membawa nasi tumpeng sedangkan remaja putra dan putri membawa aneka sesajen ritual festival. Iring iringan dimulai di depan balai desa, Kepala Desa berserta ibu tampak menyongsong kedatangan Wakil Bupati. Kemudian iring iringan menuju lokasi festival. Warga tampak tumpah ruah menyaksikan kegiatan ini, bahkan saking antusiasnya salah satu gunungan langsung diserbu warga sebelum prosesi pembacaan doa selesai.
Festival ini panitia menyediakan tiga gunungan, gunungan yang diarak ada dua buah satu gunungan berisi belimbing sedangkan satu gunungan lainnya berisi aneka sayur mayur dan buah buahan. Sedangkan satu gunungan raksasa setinggi 4 meter berisikan buah belimbing. Yang berbeda dari pelaksanaan tahun tahun sebelumnya gunungan raksasa yang mencapai 2 ton lebih ini di pasang ditengah lapangan yang memang dipersiapkan untuk prosesi rebutan. Tak butuh waktu lama warga menyerbu gunungan dan langsung habis seketika ( DAN )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *