Satgas Pamtas Yobif 407/PK Gelar Penyuluhan Hukum di Kampung Distrik Naukenjerai

Hankam691 views

Kabarone.com, Merauke – Satgas Pamtas Yonif 407/Padmakusuma menggelar penyuluhan hukum di dua kampung di Kampung Bokem dan Kuler, Minggu (27/11). Kedua kampung tersebut terletak di Distrik Naukenjerai, Merauke.

Penyuluhan hukum yang diadakan di balai kampung tersebut diikuti oleh masyarakat kedua kampung dan mengambil topik tentang permasalahan hukum yang sering terjadi di kampung. Danpos Bokem, Lettu Inf Suprapto di dalam pembukaannya mengatakan bahwa ia sengaja mengajukan topik mengenai minuman keras dan kekerasan dalam rumah tangga karena seringkali terjadi di Kampung Bokem.

“Beberapa kali masyarakat melapor ke pos mengenai orang mabuk dan adanya penganiayaan baik kepada istri, anak ataupun kepada masyarakat sekitar,”ujarnya.

Begitu pula dengan Danpos Kuler, Lettu Inf yang menyatakan bahwa pos selalu mendapat laporan mengenai kejadian orang mabuk dan penganiayaan.

Jika dilihat dari antusiasme masyarakat melalui banyaknya pertanyaan dari masyarakat dalam penyuluhan hukum di kedua kampung, Bokem dan Kuler, dapat diambil kesimpulan bahwa masyarakat belum paham atau bahkan belum tahu ada peraturan mengenai kekerasan dalam rumah tangga dan juga mengenai pengendalian minuman keras,” ujar Perwira Hukum Satgas Yonif 407/PK, Kapten Chk Sandro Sagala.

Kepala Kampung Bokem, David Lamaneva meminta meminta masyarakat Bokem agar tidak melakukan pelanggaran hukum. “Sebelumnya kita belum tahu dan sering muncul kejadian di masyarakat. Setelah ini masyarakat sudah sama-sama dengar dan tahu sehingga kitorang tidak usah buat pelanggaran lagi,” ujarnya.

Sedangkan Kepala Kampung Kuler, Maria Ndiken mengucapkan terima kasih atas penyampaian mengenai hukum kepada masyarakat Kampung Kuler dan mengungkapkan keinginan untuk memprogramkan kegiatan serupa di kemudian hari.

“Apa yang sudah disampaikan oleh perwira hukum Satgas itu merupakan kenyataan yang sering terjadi di Kampung Kuler, sehingga ke depan kita dapat jalan dengan aturan yang ada,” lanjutnya. (Ss/Vi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *