ISMS dan Universitas Pertamina Gelar Seminar “Strategic Transformation”

Ekonomi1,222 views

Kabarone.com, Jakarta – Ditengah semakin masifnya persaingan ekonomi dunia di era persaingan bebas saat ini, para pengusaha khususnya pengusaha lokal dituntut untuk mampu bersaing dan unggul. Untuk itu, dibutuhkan perubahan-perubahan dalam melakukan transformasi organisasi agar perusahaan lokal mampu bertahan dan bersaing dengan negara lain. Namun disisi lain, perusahaan lokal tampak masih banyak yang belum memiliki pengetahuan dan pemahaman dalam melakukan perubahan tersebut.

Untuk itu, Indonesia Strategic Management Society (ISMS) bersama Universitas Pertamina menggelar acara seminar yang bertajuk “Strategic Transformation: Executing Change In Free Competition Era” bertempat di Kampus Universitas Pertamina Jakarta,  Kamis (15/12).

Acara seminar ini di hadiri oleh Presiden ISMS Sari Wahyuni, Ph.D, Kepala BPSDM Kementerian ESDM Dr. Ir. Djadjang Sukarna, Rektor Universitas Pertamina Prof. Akhmaloka, Ph.D, Budi W. Soetjipto, Ph.D Wakil Rektor Universitas Pertamina dan dalam sesi diskusi menghadirkan pembicara diantaranya Boy Bayu Idisondjaja, S.T., M.M., M.Si (Han), yang merupakan Core Faculty PPM School of Management; Harry Patria, ST, MT, MSE, CEO Energy Persada Mandiri; Darwin Silalahi, MBA CEO of Shell Indonesia; Ir. Paulus W Broto, MM CEO of Dewata Group; I Gede Nyiman Yetna, SE Ak, MSi, CA Executive Vice President Head of Listing 1; Aziz F. Ariwibowo, ST., MAB Manager Strategic Program Initiative BNI, Boyke Janus, S.Sn., M.Ds.

Dalam seminar yang dihadiri sekitar 60 peserta dari kalangan ekonom, pelaku usaha dan mahasiswa ini, dipaparkan mengenai strategi dan teknik pelaksanaan transformasi yang diperlukan perusahaan dan para pelaku ekonomi. Para peserta tampak antusias mengikuti berbagai paparan dari para narasumber.

Sari Wahyuni, Ph.D dalam sambutannya mengungkapkan bahwa Indonesia merupakan negara yang kaya akan sumber daya alam, namun hal itu belum menjamin negara ini akan makmur dan berdaya saing bila kekayaan sumber daya alam itu tidak dikelola dengan baik dan tepat.

“Seminar ini bertujuan untuk menjembatani resource yang ada, cara menyikapi keinginan pasar dan membangun competitive eventage yang berkesinambungan,” ungkapnya.

Lebih lanjut menurutnya, sebagai asosiasi yang didukung oleh para pakar strategic manajement, ISMS tergerak untuk menganalisa, mengupas dan memperaktekkan berbagai teori strategis dalam lintas industri di Indonesia.

Sementara Wakil Rektor Universitas Pertamina Budi W. Soetjipto, Ph.D menambahkan, bahwa Universitas Pertamina sebagai Institusi pendidikan tinggi merasa terpanggil untuk mendukung penyelenggaraan seminar ini sebagai bentuk rasa tanggung jawab atas efektivitas eksekusi transformasi strategis.

“Guna mendorong terjadinya perubahan yang nyata dan berarti di berbagai sektor  yang penting bagi negara,” tambahnya.

Acara seminar ini dicetuskan dengan memperhatkan berbagai issue penting dalam mengeksekusi perubahan dalam perusahaan yang meliputi perlunya inventarisasi sumber daya nasional termasuk Sumber daya alam, sumber daya manusia, sosial budaya dan teknologi, serta cara Pemerintah mempersiapkan peraturan dan dukungan untuk mengelola sumber daya nasional yang efektif dan efisien. (Dn)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *