Diguyur Hujan Deras, Bengawan Solo Siaga I

Daerah, Regional585 views

Kabarone.com, Bojonegoro – Hujan deras yang mengguyur beberapa hari ini membuat Sungai Bengawan Solo kembali menunjukkan kenaikan, pukul 21.00 WIB semalam Tinggi Muka Air (TMA) Bengawan Solo memasuki siaga hijau atau siaga I. Pada pukul 07.00 WIB pagi TMA terpantau 13.50 Peilschal di papan duga Taman Bengawan Solo.

Berdasarkan data dari  Pusdalops Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bojonegoro  sejak puku 03.00 WIB tadi padi ketinggian air di papan duga  Taman Bengawan Solo masuk dilevel siaga hijau atau dianka 13.30 peilschal. Berdasarkan sumber yang masuk di Pusdalops dari Kantor Unit UPT PSDA Wilayah Sungai Bengawan Solo di   Bojonegoro pukul 06.00 WIB TMA di karangnongko tepatnya di Desa Luwihhaji Kecamatan Ngraho di angka 27.00 Peilschal. Menurut data dan  pegamatan di wilayah hulu tinggi muka air sungai bengawan solo menunjukkan trend naik.

Sementara itu, BPBD Kabupaten Bojonegoro Andik Sujarwo Mengatakan Pukul 21.00 WIB mengeluarkan pengumuman agar seluruh camat di wilayah bantaran sungai bengawan solo untuk meningkatkan kewaspadaan  terhadap ancaman banjir atau genangan serta dampak destruktif lainnya yang ditimbulkan dari kenaikan tinggi muka air sungai bengawan solo. Camat diharapkan untuk pro aktif menginformasikan kepada warganya tentang perubahan kenaikan TMA sungai bengawan solo. Sehingga masyarakat bisa mengambil langkah langkah preventif. Pengalaman terdahulu kenaikan TMA membuat beberapa pengrajin batu bata merugi karena air yang naik sedemikian cepat dan mereka belum menyelamatkan barang-barang mereka. Selain itu dihimbau agar masyarakat juga memperhatikan kondisi hujan lokal yang terjadi.( DAN )

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *