Wartawan Harus Independen & Profesional

Daerah, Regional1,369 views

Kabarone.com, Cirebon – Dalam peringatan Hari Pers Nasional (HPN) 2017 Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cirebon, Irwan Nurudin meminta kepada perusahaan pers agar benar-benar memperlhatikan kesejahteraan wartawannya. Juga karya tulis wartawan harus akurat, independen, profesional dan jangan menyampaikan berita bohong.

Wartawan dituntut mencari & menghasilkan berita berkualitas. Sementara perusahaan pers tidak memperhatikan pegawainya ( wartawan ), sehingga sering terjadi yang adanya pemberitaan tidak berimbang. Untuk itu dimintai perusahaan pers jangan hanya menuntut haknya saja, sedang kewajibannya diabaikan oleh perusahaan pers, kata Ketua PWI Cirebon, Irwan Nurudin yang diamini Ketua Forum Jurnalis Independen Cirebon, Mulyana Sadja Jum’at malan (10/2) seusai peringatan HPN 2017.

Diharapkan di tahun 2017 ini perusahaan pers segera memberikan peningkatan kesejahteraan wartawan. Perusahaan pers wajib memperlhatikan kesejahteraan & kesehaatan wartawan beserta keluarganya. Bahkan sebaiknya wartawan & keluarganya di jamin oleh perusahaan pers semuanya di asuransikan masuk BBJS Kesehatan & Ketenagakerjaan, pintanya.

Momentum HPN 2017 dengan tema Silaturahmi Insan Pers Cirebon mengingatkan kepada wartawan sebagai pekerja media baik cetak maupun online dan elektronik dimintai untuk selalu waspada terhadap Informasi hoax. Sebab berita yang disampaikan lewat media dapat berdampak luas yang efeknya sangat luar biasa, ungkap Irwan Nuridin.

Untuk itu dihimbau kepada seluruh wartawan sebelum menulis berita wajib melakukan cek and ricek informasi yang akan menjadi bahan berita. Selain itu menyampaikan berita Independen dan berimbang dengan terlebih dahulu melakukan konfirmasi kepada para nara sumbernya, tegasnya.

Mengingat perkembangan ilmu pengetahuan & teknologi (Iptek) kian pesatnya hingga begitu mudahnya Informasi mengalir begitu saja melalui media sosial, maka ketika mendapat Informasi jangan langsung “ditelan” . Sungguh sangat mengerikan jika Informasi hoax terus menyebar luas di masyarakat, tandasnya.

Dalam momentum HPN 2017 ini dimintai semua wartawan harus profesional dan Independen dalan menjalankan tugas jurnalistik  dan pandai pandailah memilih / memilah  berita dengan tetap berpedoman pada kode etik jurnalistik & perundang undangan hukum yang berlaku di negara kesatuan Republik Indonesia, pungkasnya.

HPN 2017 PWI Cirebon nampak meriah dengan dihadiri jajaran Muspda Kota / Kabupaten Cirebon. Ketua Panitia HPN 2017 PWI Cirebon, M Noli Alamasyah mengatakan momentum HPN menjadi ajang silahturahmi antara inasan pers dengan semua pejabat (muspida). Adapun rangkaian HPN diawali pertandingan sepak bola bersama muspida. Diharapkan peringatan HPN tahun depan lebih semarak lagi dan lebih harmonis melalui silaturrahmi ini. ” Seperti kata pepatah jika kita tak kenal, maka kita tak sayang,” kata M. Noli Alamsyah. (Mulbae)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *