Tangis Sedih dan Bahagia Warnai Pengumuman Seleksi Calon Taruna Akpol

Daerah, Regional646 views

Kabarone.com, SEMARANG – Tangis sedih dan bahagia menjadi satu terjadi di Auditorium Cendeka, komplek Akademi Kepolisian (Akpol) Selasa (10/7/2018).

Moment hari itu adalah pemulangan tahap pertama seleksi nasional calon taruna (catar) Akpol tahun 2018.

7 dari 376 catar dinyatakan tidak lolos seleksi tes kesehatan. Pengumumannya disampaikan secara terbuka di hadapan calon taruna lain dan orang tua serta pengawas.

Sebelum pengumuman, data berkas seleksi berbentuk soft file yang masih tersegel dari penguji diserahkan di hadapan ratusan catar dan orang tua.

Pembukaan file tersebut berlangsung tegang.Ekspresi sebagian calon tarunapun beragam ada yang mengepalkan tangan, ada yang mengatupkan tangan, sambil tertunduk berdoa.

Kemudian panitia membacakan nama peserta yang tidak lolos dan secara langsung terpampang dilayar monitor.

Sontak tangis kesedihan tak dapat dibendung dari raut muka catar yang gagal pada seleksi kesehatan siang itu. Satu persatu calon taruna taruni itu didampingi petugas meninggalkan ruangan menuju ruang konseling.

Selepas itu, seketika juga orang tua catar yang lolos tak kuasa membendung tangis ,Sebagian ibu ibu saking bahagia melakukan sujud syukur.

“Terharu saya, perjuangan selama ini ternyata membuahkan hasil,” ujar Eva sambil terisak.

Ibu asal Aceh itu mengatakan bahwa proses seleksi yang dilakukan Polri hingga sejauh ini cukup transparan. Orang tua diperkenankan untuk memantau dan melihat langsung.

Wawancara bersama ibu tersebut tidak bisa berlangsung lama karena petugas kemudian meminta wartawan keluar ruangan.

Asisten SDM Kapolri
Irjen Pol Arief Sulistyanto menjelaskan total ada 4 tahap pemulangan catar yang akan digelar hingga tanggal 27 Juli mendatang.

“Kali ini adalah pemulangan tahap pertama dari tes administrasi dan kesehatan, berikutnya ada tes psikologis, kesamaptaan, dan penampilan,” terang Arief.

Lebih lanjut Ia menambahkan dari total 376 calon taruna dan taruni se Indonesia nantinya hanya akan diambil 250 yang terdiri dari 220 orang pria dan 30 orang wanita. (Amr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *