WA Wartawan Dibajak Untuk Meminjam Uang, Korban Berharap Pelaku Segara Tertangkap

Hukum541 views

Kabarone.com,Lamongan – Choirul Anwar salah satu wartawan Biro Lamongan yang menjadi korban tindak kejahatan orang tidak dikenal karena nomer WhatsApp (WA) nya dibajak untuk dimanfaatkan untuk mencari lewat nomer kontak yang ada di WhatsApp dengan tujuan meminjam uang ke rekan-rekan sesama wartawan dan ke nomer kontak yang ada. Ia menjelaskan “Nomor WhatsApp saya dibajak orang yang tidak saya dikenal.

Atas kejadian itu Chairul Anwar yang akrab dipanggil Cak Irul tersebut melapor ke Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Lamongan, Selasa (9/4) dengan aduan pembajakan nomor WhatsApp. Menurut pelapor, pembajak memanfaatkan nomornya untuk meminjam uang pada semua kontak yang ada di WhatsApp saya bahkan, keluargaku juga ada dua orang yang menjadi sasaran pelaku, ,” kata Irul.

Chorul Anwar ketika ditemui di Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Polres Lamongan saat melakukan pelaporan. “Menurutnya, pesan yang disebar sama. Lelaku menyebar pesan melalui nomor WA untuk meminjam uang. Pesan tersebut tidak hanya dikirim pada satu kontak. Namun, ke banyak nomor kontak yaitu peminta untuk meminjam uang Rp 2 juta untuk keluarganya yang sakit. Beberapa pesan yang disebar seperti ‘lagi di mana’,’bisa minta tolong’, ‘ada saldo di ATM bisa kupinjam 2 juta kalau ada transfer sekarang ke rekening keluargaku, soalnya ATM ku lagi limit transfer.

Untung saja, aksinya ini diketahui oleh korban dan kemudian ia melakukan klarifikasi. ” Selanjutnya Irul kemudian melakukan klarifikasi yang ia kirimkan ke semua kontak yang ada di smartphone-nya dengan meminta kepada semua yang mendapatkan kiriman melalui WhatsApp nya untuk tidak mempercayainya”, ujar Irul

Untuk memastikan nomor WA nya sedang dibajak, Irul kemudian mendatangi Polres Lamongan untuk melaporkan kejadian yang dialaminya. Irul menegaskan, dan memastikan ia selama ini tidak pernah memanfaatkan kontak WA nya untuk keperluan yang dilakukan pelaku. Saat ini juga saya laporkan ke polisi dan saya bersama keluarga berharap semoga atas kerja cerdas rekan-rekan Kepolisian dalam waktu dekat segera bisa menangkap pelakunya”, tandas Irul.

Ditambahkannya oleh Irul”, ia memohon maaf kepada rekan-rekan sesama wartawan dan semua yang ada di kontak WA nya. ” Mohon Maaf saudaraku semua.. jika ada permintaan minta sejumlah uang dengan memakai nomor WhatsApp saya. itu bukan saya… itu bukan Choirul anwar… itu penipuan… mohon disampaikan ya saudaraku semuanya… WhatsApp saya dinajak dan dipakai orang lain… sekali lagi mohon maaf jangan dihiraukan…,” pinta Irul dengan nada perihatin atas kejadian yang dialaminya ini (Pul/Ian/As).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *