Polisi Tauladan Penggagas Rumah Pintar Insan Madani, Diresmikan Kapolres

Daerah, Regional660 views

Kabarone.com,Lamongan – “Rumah Pintar Insan Madani” Rumah yang diperuntukkan khusus untuk anak yatim piatu dan fakir miskin, yang berada tepatnya di Desa Nguwok, Kecamatan Modo Lamongan Jawa Timur ini Aipda Purnomo, polisi inspiratif adalah motor penggeraknya, ia yang terkenal dengan kepedulian sosial nya yang tinggi lewat Yayasan Berkas Bersinar. “Rumah Pintar Insan Madani” Diresmikan langsung oleh Kapolres Lamongan AKBP. Feby D.P Hutagalung pada Kamis (8/8) pukul 10.30 WIB.

Kapolres Lamongan dalam sambutannya mengungkapkan, ” AKBP. Feby sangat mengapresiasi segala inovasi dan tindakan sosial yang telah dilakukan Aipda Purnomo. Apa yang telah dilakukan ini, tentunya akan membuka mata hati masyarakat, bahwa polisi Lamongan sangat peduli atas apa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Selain itu, tidak hanya terkait pelayanan dalam tugas, tetapi juga dalam kegiatan sosial.

“Jadi Aipda Purnomo ini sudah banyak menerima penghargaan, khususnya dari saya sendiri. Salah satunya diberikan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi. Tentu kami berharap rumah pintar ini bisa bermanfaat dan menelurkan generasi penerus bangsa kedepan,” “, ungkapnya AKBP. Feby dengan penuh harapan.

Pada kesempatan ini Bupati Lamongan Fadeli menyampaikan, ” Mengaku bangga atas kinerja Polres Lamongan. Dimana, Polisi yang seharusnya bertugas mengamankan wilayah dari kejahatan, justru ingin membantu antar sesama. Terlebih di yayasan ini sudah membantu Pemerintah Kabupaten Lamongan dalam memulangkan 9 ODGJ ke rumah mereka masing-masing.

“Pemerintah Kabupaten Lamongan berkomitmen ingin terbebas dari ODGJ yang dipasung. Dan di yayasan ini sudah berhasil memulangkan 9 ODGJ ke rumah mereka, ini sangat luar biasa, semoga bisa ditiru oleh polisi lainnya di Lamongan,” Apresiasi Bupati Fadeli.

Saat giliran Aipda Purnomo dalam sambutannya mengakui, bahwa sebelum “Rumah Pintar Insan Madani” itu terwujud, “Uang gaji saya dikumpulkan sedikit demi sedikit. Ia harus bersusah payah merintisnya, mulai dari menyisihkan gaji bulanannya hingga dia rela berjualan bunga selepas menjalankan tugas sebagai polisipinta dan Alhamdulillah akhirnya hari ini kami sudah bisa mempunyai rumah pintar. Bagi dia polisi tak sekedar menjadi pelindung dan pengayom masyarakat saja, akan tetapi bisa dilakukan melalui kepedulian membantu anak yatim piatu agar polisi untuk selalu dekat dengan rakyat,” Ujar Aipda. Purnomo sangat terharu dengan mata berkaca-kaca.

” Alasan karena niat baiknya disambut baik oleh banyak warga. Mulai orang-orang yang tinggal disekitar rumah dan di kecamatan lainnya di Lamongan, lantas ikut bergabung bersama, hingga akhirnya terbentuklah sebuah yayasan Berkas Bersinar. Setelah tumbuh besar, Yayasan ini kemudian melebarkan sayapnya dalam membantu lainnya yang menderita sakit disokong dana, oleh yayasan Berkas. ” Banyak masyarakat di beberapa Kabupaten, diantaranya ke Kabupaten Bojonegoro, Jombang, Tuban, Gresik dan Kabupaten Lamongan sendiri sebagai embrionya”, Aipda. Purnomo dengan mengucapkan puji bersyukur Alhamdulillah dengan nada terharu dan bahagia.

” Selain dari pada itu, rumah pintar ini dibangun dengan ukuran 9 x 5 meter dengan dua lantai, itu nantinya kalau selesai dua lantai bisa menampung 25 anak yatim piatu dan fakir miskinadala. Namun, untuk saat ini kendala yang dihadapi adalah saat ini pembangunannya masih selesai satu lantai dan juga masih memikirkan pembangunan lantai berikutnya atau lantai dua. Termasuk juga belum jadinya kamar mandi bagi mereka.

Di rumah pintar ini, para anak-anak akan digembleng dengan ilmu pengetahuan termasuk dan khususnya ilmu agama pada setiap hari Jumat dan Minggu, mereka langsung diajar oleh para alumni Ponpes Langitan Widang Tuban, siap untuk mengajar. Insyaallah setelah pembangunan MCK selesai ada beberapa anak asuh kami akan tinggal menetap didalam rumah pintar yayasan berkas”, tandas Aipda. Purnomo ketika diwawancarai para awak media yang hadir, (*).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *